Jika pemain baru terjun di dunia permainan MOBA, sudah semestinya pemain mencoba permainan Dota 2. Game ini memanglah salah satu game MOBA legend sejak 2013.

Gameplay permainan ini memang cukup kompleks sehingga tidak jarang membuat para pemain pemula kabur dan enggan memainkannya. Ketahui cara bermain Dota 2 selengkapnya di sini.

Review Dota 2

Game ini merupakan game hasil pengembangan versi mod dari Warcraft III: Reign of Chaos. Awalnya permainan ini dikembangkan dengan nama Defense of the Ancients (DotA) oleh Blizzard Entertainment.

Dalam perkembangannya sejak 2013, Dota 2 hingga kini sudah memiliki jumlah pemain terbesar yang terdapat di seluruh dunia.

Dota 2 memiliki gameplay yang kompleks yang dapat dimainkan hingga level tinggi. Inilah alasan mengapa memerlukan penyesuaian untuk pemula mulai memainkan Dota 2.

Tidak heran, turnamen tahunan yang diadakan oleh Valve mampu memberikan hadiah sejumlah 25 juta dolar untuk para pemenangnya. Berikut ini tabel info spesifikasi PC untuk Dota 2:

DetailDota 2
DeveloperValve
OS MinimalWindows Vista
OS RekomendasiWindows 10
DirectXVersion 11
HDD65 GB

Cara Bermain Dota 2

Seperti di kebanyakan game MOBA kini, setiap permainan, pemain akan bermain bersama tim yang berjumlah 5 orang melawan tim lainnya. Permainan didasarkan pada kerjasama tim dan kontrol penggunaan item untuk memaksimalkan serangan ke lawan. Ancient adalah sebutan untuk bangunan besar yang berlokasi di markas lawan.

Untuk memenangkan permainan, pemain beserta tim harus menghancurkan Ancient. Begitu pula sebaliknya jika lawan ingin mengalahkan pemain. Permainan Dota 2 memerlukan kemampuan bertahan yang seimbang dengan kemampuan menyerang.

Pemain perlu menyeimbangkan upaya menyerang dan bertahan. Jika terlalu fokus bertahan, tentu pemain dan tim bisa terkepung dan lebih cepat kehabisan energi untuk melawan. Ini akan memberikan peluang besar tim lawan untuk menembus pertahanan dan menghancurkan Ancient pemain. Namun sama juga dengan sebaliknya.

Jika pemain dan tim terlalu fokus melawan maka pertahanan akan rentan. Tim lawan bisa masuk ke area markas dan menghancurkan Ancient dengan mudah. Pemain harus bisa mengoptimalkan kekuatan masing-masing hero pemain dalam tim. Selain bertarung dengan tim lawan, setiap 30 detik akan muncul 3 monster di setiap jalur menuju Ancient.

Jangan lupakan akan adanya tower yang melindungi Ancient. Setiap tower milik musuh ini bisa melemparkan proyektil yang dapat melukai hero pemain. Hancurkan semua tower musuh sebelum melaju untuk menghancurkan Ancient. Pemain harus bisa mengatur kontrol hero sekaligus kontrol tim untuk bisa memenangkan permainan.

Tips Bermain Dota 2

Untuk mulai bermain Dota 2, pemain harus memahami beberapa dasar-dasar penting permainan ini untuk jadi pro-palyer hingga dapat hasilkan uang dari game. Dengan begitu pemain akan mampu memenangkan permainan. Berikut ini telah dirangkum beberapa poin dari tips bermain Dota 2. Adapun ulasannya sebagai berikut:

1. Kenali Kemampuan Setiap Hero

Dalam bermain MOBA, hero adalah salah satu aspek terpenting yang harus pemain kenali. Setidaknya terdapat 117 hero dalam game Dota 2. Untuk bisa melakukan cara bermain Dota 2 di atas, pemain perlu mengenali kemampuan setiap hero dalam game Dota 2. Tentu saja tidak mudah, mengenali kemampuan 117 hero memerlukan waktu.

Namun, itulah yang harus ditempuh untuk bisa memenangkan permainan Dota 2. Pemain pemula harus memanfaatkan awal permainan untuk melakukan eksplor hero sebanyak mungkin. Jangan mudah merasa nyaman dengan 2 atau 3 hero saja. Pengetahuan tentang kemampuan setiap hero penting untuk mengenali potensi dan bahaya dari serangan lawan.

2. Melatih Keahlian Last hit

Seperti yang diketahui secara umum, game MOBA memang memerlukan keahlian Last Hit. Hit terakhir untuk membunuh musuh akan memberikan raihan emas untuk pemain. Sama dengan di Dota 2. Pemain hanya bisa mendapatkan emas jika mendapatkan kesempatan hit terakhir membunuh musuh. Latih keahlian ini dan buat momentum last hit versi pemain!

3. Gunakan Hero Termudah

Masing-masing hero memiliki kemampuan yang berbeda. Ada hero dengan kemampuan bertingkat kesulitan rendah hingga tinggi. Sebagai pemain pemula, pemain bisa mencoba untuk menggunakan hero dengan tingkat kesulitan terendah. Salah satunya ialah Sniper. Meskipun hero Sniper mudah, jangkauan serangan hero ini paling jauh di Dota 2.

Itulah ulasan seputar cara bermain Dota 2. Jangan takut mati dalam permainan dan selalu periksa panel navigasi. Map mini akan membantu pemain mengetahui pergerakan kawan tim dan lawan. Atur sendiri cara dan kecepatan bermain. Selamat bermain!