Banyak orang yang tertolong dengan adanya teknologi. Salah satu produk teknologi adalah perangkat Windows 10.  Untuk mendukung program berjalan, perangkat Windows 10 membutuhkan Net Framework. Jika Net Framework tidak terpasang, maka beberapa program terutama permainan menjadi terkendala saat digunakan. Untuk itu, perhatikan cara update Net Framework Windows 10 berikut ini:

Cara Update Net Framework Windows 10

1. Unduh Net framework Versi Terbaru

Cara update Net Framework Windows 10 yang pertama adalah dengan membuka situs Net Framework atau melalui situs Microsoft langsung. Kemudian, koneksikan perangkat Windows 10 dengan internet yang stabil. Lalu pilih Wifi agar proses download berjalan lancar. Bila sudah, jangan lupa tutup dahulu semua proses lain pada peramban atau halaman browser untuk memperlancar waktu koneksi download Net Framework.

2. Buka File Download

Setelah proses download berakhir, cek pada folder download di perangkat. Jika mengalami corupt file atau jaringan terputus di tengah proses, maka perlu mengulangi proses download sekali lagi. Pastikan penyimpanan internal cukup untuk menampung hasil download Net Framework versi terbaru. Kemudian, scan terlebih dahulu untuk memastikan tidak ada virus di file download.

Untuk update Net Framework perlu menyisihkan waktu sebentar, namun ini tidak ribet atau susah seperti yang dibayangkan. Tekan saja pada file download dua kali dan tunggu hingga tampilan layar pemasangan Net Framework versi terbaru terbuka. Jika file download didapat dari situs selain Microsoft atau Net Framework, maka hasilnya kemungkinan adalah file rar.

3. Setujui Pernyataan Lisensi

Tampilan layar yang muncul akan berupa pertanyaan lisensi. Seperti lisensi software pada umumnya, Net Framework versi terbaru juga meminta pengguna memahami fungsi dan kepemilikan software. Meskipun terlihat panjang, sebenarnya tidak perlu waktu panjang untuk memahaminya. Pengguna dapat menggunakan google translate untuk menerjemahkan pernyataan lisensi yang ditampilkan. Sebaiknya jangan anggap sepele pernyataan lisensi ini.

Jika file download masih dalam bentuk rar, perlu sedikit waktu tambahan untuk mengekstraknya menjadi bentuk folder. Di dalam folder tersebut terdapat software installer yang siap untuk dijalankan. Tekan ikonnya dan akan muncul tampilan layar dengan lisensi. Di bawah layar, centang pada kotak yang menyatakan setuju dan memahami pernyataan dari Net Framework.

Baca juga: Aplikasi Windows Movie Maker

4. Klik Finish

Setelah menyetujui pernyataan lisensi, klik pada tombol instal. Jika memiliki keadaan darurat, pilih tombol cancel. Tentunya dengan resiko mengulangi proses update dari urutan kedua. Proses instal sebenarnya dapat ditinggal atau dijalankan bersamaan dengan program lain. Namun, tentunya jika ada program yang terbuka, maka proses biasanya akan berjalan sedikit lambat.

Ingat, koneksi internet perlu tetap menyala saat proses ini. Utamanya, saat tampilan layar menunjukkan proses pemasangan  dan beberapa data Net Framework versi terbaru yang terunduh. Detail dari yang terpasang dan data terbaru juga ditampilkan. Klik pada minimize untuk membiarkan proses berjalan, jika ingin tetap menjalanlan aktivitas lain. Namun, jangan sampai menekan tombol silang atau close.

5. Restart Perangkat

Perhatikan kembali tampilan layar Net Framework yang sedang berjalan untuk proses pemasangan. Jika belum selesai tunggu beberapa saat lagi, namun jika sudah klik tombol finish. Tampilan layar selanjutnya memberi pilihan untuk memulai perangkat saat itu juga atau beberapa waktu kemudian. Sesuaikan waktu restart dengan kebutuhan menggunakan perangkat untuk tetap menyala.

Memulai ulang perangkat lebih cepat adalah keputusan yang lebih baik. Software yang dijalankan pada Windows 10 akan semakin mulus prosesnya. Run as administrator dengan klik kanan di file download dianjurkan untuk mendapatkan autorisasi pemasangan lebih lancar. Disarankan juga untuk menonaktifkan Net Framework versi lama sebelum memulai update.

Urusan bisnis atau hanya sekedar ingin merasakan kesenangan menjadi alasan untuk memiliki produk keluaran perusahaan teknologi masa kini. Dengan produk perangkat Windows 10, keduanya dapat dirasakan sekaligus dengan Net Framework yang kuat. Cara update Net Framework Windows 10 di atas dapat diterapkan agar fungsi perangkat dapat digunakan semaksimal mungkin.