Kebanyakan orang pasti akan langsung menghubungi kantor pelayanan operator untuk mengetahui cara merubah kode WiFi di rumah. Tapi, kali ini akan ada beberapa langkah cara merubah kode WiFi di rumah tanpa harus menghubungi pihak operator. Lalu bagaimana caranya? Berikut ulasan informasinya.

Cara Merubah Kode WiFi Dengan Mudah

3d rendering router with blue wi-fi sign

1. Buka Halaman Konfigurasi Router

Sebenarnya cara merubah kode WiFi saat ini bisa menggunakan android maupun PC karena fitur yang hampir sama. Pertama, masuk ke halaman utama dari konfigurasi router yang bisa diakses dengan kode 192.168.0.1, 192.168.1.1, 192.168.2.1 (untuk router umum).

Namun bagi pengguna Apple atau Xfinity bisa mengakses di 10.0.1.1 dan 10.0.0.1, lalu masukan kode tersebut ke alamat web. Jika sudah masuk biasanya akan ada halaman awal yang menyuruh untuk mengisi nama pengguna beserta kata sandi.

2. Masukkan Nama Pengguna Serta Kata Sandi

Router yang terpasang biasanya terdapat nama pengguna beserta kata sandi yang tertera pada kartu petunjuk. Jika baru pertama kali melakukan pengaturan, kemungkinan besar akan bingung karena nama penggunanya adalah “admin” dan kata sandi adalah “password”.

Karena setiap model router memiliki konfigurasi berbeda, ada baiknya jika mencari informasi login melalui buku petunjuk atau sumber lain. Karena pencarian informasi ini akan berguna sekali saat melakukan pengaturan di halaman konfigurasi router.

Baca juga: Aplikasi Windows Movie Maker

3. Buka Menu Wireless

Jika sudah masuk ke bagian menu dari halaman konfigurasi router, tinggal cari menu bagian Wireless. Biasanya nama menu setiap produsen akan berbeda-beda, tetapi kebanyakan tinggal mencari di tombol yang tertulis “Wireless” atau “Setup”. Bahkan ada juga yang bernama “Wireless Setting” yang penting didalamnya terdapat subbagian mengenai halaman Wireless Security.

Jika masih bingung, sebenarnya bisa membaca di buku petunjuk yang sudah tersedia di dalamnya saat pembelian. Karena semua petunjuk juga terdapat didalamnya, akan tetapi pembahasan yang ada biasanya kurang mudah dipahami. Selain itu, penggunaan sumber lain sebenarnya juga bisa misal lewat halaman situs resmi dari nama operator yang kita pakai.

4. Kelola Kata Sandi

Cara merubah kode WiFi bisa dilakukan pada tahapan ini, tinggal masuk pada menu Wireless pada halaman konfigurasi router. Setelah itu akan dijumpai subbagian halaman Wireless Security yang terdapat menu Password, Passphrase atau Shared Key. Jika sudah masuk ke dalam menu tersebut, langkah selanjutnya hanya mengganti kata sandi saja.

Dalam pemilihan kata yang digunakan sebagai kode perlu diperhatikan dengan cermat agar tidak diketahui. Jika sesuai arahan harusnya membuat kode dengan tingkat kesulitan kuat, langkah ini ditujukan agar tidak bisa ditebak siapapun. Termasuk didalamnya tidak boleh menggunakan kata apapun mengenai informasi pribadi yang dimiliki, harus ada angka dan karakter khusus.

5. Simpan Pengaturan 

Apabila sudah memasukan kata sandi baru sesuai persyaratan yang ada, klik tombol Save atau Apply. Untuk setiap router penempatan tombol Save atau Apply akan berbeda-beda, tapi biasanya terdapat di bagian sudut bawah atau atas. Selain itu penyimpanan kata sandi baru akan membutuhkan waktu untuk memastikan proses perubahan yang ada.

Jika proses perubahan yang terjadi sudah berhasil, semua perangkat yang terhubung ke router akan dihentikan koneksinya secara sepihak. Aktivitas pengguna wifi pun berubah. Semua perangkat yang terhubung pun sudah di reset, beserta semua data yang tersimpan. Jadi, saat menghubungkan kembali perlu memasukan ulang kode dari WiFi yang ada agar tersambung.

Mudah bukan? cobalah cara mengubah kode WiFi tersebut dirumah. Setelah mengetahui langkah yang dilakukan, kini tinggal mencobanya sesuai prosedur di atas. .