Saat HP sering digunakan, lama-kelamaan akan ada file sampah yang terus menumpuk. Kehadiran file sampah ini, pastinya akan membuat Ram penuh dan HP menjadi terbebani. Jika sedang mengalami kendala semacam ini, maka pastikan untuk tahu cara menghapus file sampah di RAM yang paling efektif.

Pada uraian artikel kali ini, akan diberikan dua metode berbeda yang sama-sama mudah dalam proses pemanfaatannya. Meski demikian, rincian langkahnya tentu tidak akan sama. Penasaran bagaimana rincian prosesnya? Simak detail penjabaran berikut untuk mengetahuinya:

Pakai Aplikasi Bantuan untuk Menghapus File Sampah

Metode pertama yang pas untuk difungsikan dalam proses pembersihan RAM adalah dengan memakai aplikasi bantuan. Untuk proses kali ini, maka akan dipakai aplikasi yang bernama CCleaner sebagai solusi utama. Dengan memanfaatkan aplikasi ini, maka prosesnya bisa dibilang sebagai proses otomatis.

Namun untuk memakainya, ada serangkaian proses yang harus diterapkan. Aspek proses ini haruslah diperhatikan dengan baik dan jangan sampai ada bagian yang terlewat. Penasaran bagaimana prosesnya? Simak detail langkah dan penjabarannya berikut ini:

  • Langkah pertama yang harus diterapkan adalah dengan mengunduh aplikasi CCleaner di tempat pengunduhan aplikasi resmi. Untuk melakukannya, pastikan memiliki jaringan internet yang stabil.
  • Setelah proses pengunduhan selesai, maka sistem akan menjalankan proses pemasangannya secara otomatis.
  • Apabila proses pemasangan berhasil, pengguna bisa langsung masuk ke dalam aplikasinya. Nantinya, akan ada beberapa menu fungsional yang bisa dimanfaatkan.
  • Untuk melakukan proses penghapusan file sampah, maka pencet saja menu “Bersihkan Sampah”. Nantinya, sampah yang ada di perangkat akan dicari oleh sistem.
  • Proses pencarian file sampah ini tidak akan berlangsung lama. Jika daftarnya sudah muncul, maka langsung saja pencet tombol “Bersihkan”.
  • Tunggu proses pembersihan sampai selesai, kemudian perangkat akan terbebas dari file sampah yang membebani.

Rincian proses di atas tentunya bisa langsung diterapkan dengan mudah. Namun untuk mendapatkan keberhasilan, maka pastikan setiap prosesnya dijalankan dengan benar tanpa ada bagian yang terlewat. Apabila setiap bagiannya diperhatikan dengan baik, maka segala prosesnya akan membuahkan hasil.

Sebenarnya, aplikasi yang bisa dijalankan untuk membersihkan file sampah bukan hanya CCleaner saja. Masih ada banyak aplikasi lain yang bisa difungsikan dengan mudah. Meski demikian, proses pemanfaatannya kebanyakan sama dan tidak jauh berbeda.

Hapus File Sampah Tanpa Aplikasi

Jika tidak ingin membersihkan file sampah dengan aplikasi, maka bisa memakai cara menghapus file sampah di RAM secara manual. Proses ini tentunya tidak membutuhkan bantuan aplikasi apapun dan bisa langsung diterapkan melalui HP masing-masing pengguna.

Metode yang satu ini juga tidak bergantung pada jaringan internet pengguna. Jadi meskipun tidak memiliki jaringan internet, proses penghapusan file sampahnya masih bisa dilakukan. Penasaran bagaimana rincian proses yang bisa diterapkan? Untuk mengetahuinya, simak detail berikut ini:

  • Pertama, pengguna harus masuk ke dalam sistem pengaturan yang ada di HP.
  • Jika sudah masuk, maka pilih menu “Penyimpanan”.
  • Pada bagian ini, akan ada berbagai opsi yang bisa dipilih. Untuk melanjutkannya, pilih opsi “Kosongkan Ruang”.
  • Lakukan pemilihan dan seleksi pada beberapa file sampah kemudian pencet tombol “Konfirmasi”.
  • Nantinya, sistem akan melakukan proses penghapusan sampai bersih. Dengan demikian, prosesnya bisa dikatakan selesai.

Detail proses di atas pastinya bisa dijadikan acuan untuk mulai membersihkan sampah yang ada di perangkat. Jika dibandingkan dengan metode pertama, maka proses ini jauh mudah. Hal ini dikarenakan prosesnya tidak memerlukan proses pengunduhan aplikasi.

Tips Menghapus File Sampah yang Ada di RAM Perangkat

Bukan hanya informasi tentang cara menghapus file sampah di RAM saja yang harus dipahami, pengguna juga harus tahu tips dalam melakukan prosesnya. Aspek ini, tentunya akan sangat membantu jika sudah dipahami sampai pada rincian detailnya.

Setidaknya ada empat tips berbeda yang harus dipahami dalam proses ini. Agar tidak bingung, akan diberikan daftar tipsnya beserta dengan uraian penjelasannya. Penasaran apa saja tips yang harus dipahami? Jawabannya ada di bagian bawah ini:

  • Pastikan untuk tidak mengganti urutan prosesnya. Hal ini tentu membutuhkan ketelitian agar prosesnya tidak menimbulkan hambatan baru.
  • Sistem bisa saja melakukan penghapusan pada file lain yang bukan file sampah. Fakta ini tentunya harus diperhatikan dengan baik agar tidak merugikan.
  • Jika memakai aplikasi, pastikan untuk memakai aplikasi bantuan yang memang kredibel. Karena jika memakai aplikasi yang tidak terpercaya, maka prosesnya bisa menimbulkan masalah baru.
  • Proses pembersihan file sampah ini harus diterapkan secara berkala. Baik itu memakai aplikasi bantuan atau memakai metode lain, setiap detailnya harus diterapkan beberapa kali agar file sampah tidak menumpuk.

Itulah penjelasan lengkap tentang bagaimana cara menghapus file sampah di RAM dengan metode yang tepat. Karena sudah diberikan dua metode berbeda, maka pengguna bisa langsung memilih proses mana yang akan difungsikan. Asal prosesnya tepat, maka tidak akan ada kendala yang muncul.