Teknologi internet dari tahun ke tahun semakin canggih. Salah satu teknologi tersebut adalah Mifi atau Mobile Wifi. Banyak jenis operator untuk Mifi yang bisa digunakan, salah satunya adalah Telkomsel. Sebenarnya apa itu Mifi dan bagaimana cara menggunakan Mifi Telkomsel?

Dari namanya, Mifi hampir sama dengan Wifi, namun keduanya merupakan hal yang berbeda. Fungsinya memang sama-sama menyediakan internet bagi perangkat, namun bentuk dan sumber koneksinya tidak sama. Penasaran? simak penjelasan lengkap tentang Mifi berikut ini!

Sekilas Tentang Mifi

Bagi yang belum tahu, Mifi merupakan alat yang digunakan untuk memberi akses internet pada perangkat, ukurannya kecil, dan memiliki koneksi stabil. Bisa dikatakan bahwa Mifi merupakan adiknya modem. Sifatnya yang portable, menjadikan benda ini lumayan disukai.

Perbedaan mendasar antara Mifi dan Wifi adalah, jika Mifi sumber internetnya berasal dari paket data, Wifi sumbernya dari router. Perbedaan selanjutnya adalah Wifi merupakan jaringan nirkabel dan Mifi merupakan benda untuk membagi sebuah jaringan internet.

Tagihan internet bagi Mifi bisa bersifat mingguan, bulanan, bahkan tahunan. Baru-baru ini, Mifi sudah menerapkan tagihan seperti kuota. Sama halnya dengan Mifi Telkomsel juga menerapkan paket data berbentuk kuota Mifi. Cara mengaktifkan dan menggunakannya cukup mudah.

Cara Mengaktifkan Mifi

Jika sudah tahu mengenai Mifi, pengguna juga perlu tahu bagaimana mengaktifkannya. Tidak hanya praktis dibawa, Mifi juga praktis untuk diaktifkan. Bagi pengguna baru pun tidak akan kesulitan mengaktifkannya. Berikut adalah langkah cara untuk mengaktifkan Mobile Wifi atau Mifi Telkomsel:

  • Siapkan alat yang digunakan untuk mengaktifkan Mifi seperti Sim Card dan tentunya Mifi itu sendiri.
  • Lepas tutup baterai Mobile Wifi yang letaknya ada di belakang dan lepas baterainya.
  • Di dalamnya terdapat 2 slot, 1 untuk slot kartu SIM dan 1 slot untuk SD Card. Masukkan kartu SIM pada slot khusus SIM Card.
  • Pasang baterai dan tutupnya yang tadi dilepas.
  • Mengaktifkan Mifi dengan menekan tombol On/Off. Tunggu dan Mifi pun sudah aktif, ditandai dengan lampu indikator yang menyala.
  • Mifi pun sudah aktif.

Cara Menggunakan Mifi Telkomsel

Setelah diaktifkan, Mifi belum bisa digunakan untuk berselancar di Internet. Jika menggunakan paket data, Mifi harus diintegrasikan terlebih dahulu dengan ponsel. Pengguna harus membeli paket data terlebih dahulu. Caranya juga simple dan tidak menyulitkan. Ini dia caranya:

  • Untuk Mifi Telkomsel, pengguna bisa mengunduh aplikasi khusus pengguna telkomsel bernama MyTelkomsel atau melalui website resminya.
  • Pengguna bisa masuk pada aplikasi menggunakan nomor yang ada di Mifi pengguna.
  • Selanjutnya, pengguna bisa pilih opsi kirim kode, masukkan kode dan klik lanjutkan.
  • Kemudian, pengguna bisa membeli paket data sesuai kebutuhan dalam aplikasi tersebut. Bagi pengguna telkomsel biasanya mendapatkan kuota gratis khusus Mifi hingga 12 GB.
  • Aktifkan wifi pada perangkat, dan sambungkan dengan hotspot milik Mifi. Biasanya proses penyambungan hotspot menggunakan password. Untuk password bisa dilihat pada display atau bagian belakang Mifi.
  • Jika sudah tersambung, pengguna bisa mulai mengakses internet dan berselancar dengan nyaman.
  • Apabila dirasa cukup menggunakannya, pengguna bisa menonaktifkan Mifi dengan memencet tombol On/Off. Tombol daya tersebut letaknya berbeda-beda tergantung merk.
  • Jika paket data dari Mifi habis, pengguna bisa membeli paket data seperti sebelumnya di aplikasi. Cara menggunakan Mifi Telkomsel cukup mudah bukan?

Keunggulan Mifi

Perangkat mungil ini memiliki keunggulan yang cukup banyak. Bagi yang sering keluar dan aktif menggunakan internet cocok menggunakan MIfi. Pengguna tidak perlu ragu lagi ketika ingin membeli Mifi dengan beberapa keunggulan berikut ini:

1. Praktis

Keunggulan yang pertama adalah praktis. Benar sekali! Mifi tidak memakan tempat, bahkan bisa dimasukkan saku. Bagi yang sering keluar dan aktif menggunakan internet cocok menggunakan MIfi. Proses penyambungan juga mudah dan cepat sehingga tidak menguras waktu.

Tak tanggung-tanggung, Mifi juga bisa digunakan di luar negeri. Jika dipakai di luar negeri, tentunya SIM Card yang digunakan adalah SIM Card merk luar. Biasanya satu buah Mifi maksimal digunakan untuk 10 perangkat.

2. Koneksi Internet Stabil dan Cepat

Kecepatan internet tetap stabil walau digunakan pada banyak perangkat menjadi salah satu keunggulan dari benda mungil ini. Selain stabil, koneksinya juga cepat. Hal ini berbanding terbalik dengan Hotspot atau Tethering dari ponsel yang jika semakin banyak perangkat tersambung, koneksinya menjadi lambat.

3. Hemat Baterai

Rata-rata, Mifi dibekali dengan kapasitas baterai yang lumayan besar hingga 2000 mAh. Dengan kapasitas tersebut, Mifi bisa tahan hingga lebih dari 5 jam jika digunakan non stop. Karena baterainya yang hemat, benda ini juga sering dijadikan pilihan untuk dibawa travelling.

Itulah informasi lengkap mengenai cara menggunakan Mifi Telkomsel serta informasi lainnya terkait Mifi Telkomsel. Harga dari Mifi sendiri bervariasi. Range harga sekitar lima ratus ribu rupiah hingga satu juta tergantung kualitasnya. Pengguna bisa membelinya sesuai dengan kebutuhan.