Sebagian gamer mungkin pernah mengalami kendala saat login Mobile Legends, seperti stuck untuk menjalankannya. Secara umum, terdapat beberapa cara mengatasi Mobile Legends stuck di loading yang dapat diterapkan. Penyelesaian tersebut tentu akan membantu gamer agar lebih lancar dalam bermain.

Aplikasi Mobile Legends yang mengalami stuck biasanya ditandai dengan proses loading yang berhenti sebelum 100%. Hal tersebut membuat gamer tidak dapat masuk ke lobby dan memulai permainan. Beberapa cara mengatasi masalah pada loading Mobile Legends dapat dipahami sebagai berikut:

1. Temukan Lokasi Sinyal yang Lebih Baik

Ketersediaan sinyal juga berpengaruh dalam hal kecepatan dalam mengakses Mobile Legends. Salah satu cara mengatasi Mobile Legends stuck di loading bisa dilakukan dengan mencari sinyal yang lebih stabil. Cobalah berpindah tempat supaya koneksi pada smartphone lebih lancar.

Pada dasarnya loading screen Mobile Legends memerlukan koneksi yang bagus agar aplikasi dapat berjalan semestinya. Apabila dengan berpindah lokasi gamer masih kesulitan untuk login, maka cara lain yang bisa dicoba yaitu mengganti internet provider yang lebih stabil.

2. Uninstal Aplikasi Tidak Terpakai

Seringnya mendownload aplikasi kerap kali membuat gamer lupa bahwa ruang memori terkuras dan hampir habis. Hal tersebut dapat mempengaruhi kelancaran kinerja aplikasi, termasuk Mobile Legends. Tidak sedikit yang membuatnya mengalami stuck saat loading.

Adapun cara mengatasi masalah ini dapat dilakukan dengan membersihkan smartphone dari aplikasi tak terpakai. Lakukan filter untuk menyaring aplikasi yang sudah tidak digunakan, kemudian uninstal. Setidaknya diperlukan ruang memori 1,5 GB agar Mobile Legends berjalan lancar.

3. Bersihkan Cache

Banyaknya cache yang menumpuk juga dapat menjadi salah satu penyebab Mobile Legends tidak dapat dijalankan. Adapun cara mengatasi Mobile Legends stuck di loading dapat dilakukan dengan menghapus cache. Tujuannya agar ruang penyimpanan smartphone tidak cepat penuh.

Untuk membersihkan cache, masuk pada menu Settings dan pilih opsi Aplikasi untuk melihat daftarnya. Silahkan cari aplikasi Mobile Legends dan klik ikon aplikasi tersebut untuk melihat rinciannya. Pilih ‘Bersihkan Cache’ dan pastikan ukurannya kembali nol.

Setelah berhasil membersihkan cache, gamer bisa melakukan restart pada smartphone agar sistem melakukan reset aplikasi. Jalankan kembali aplikasi Mobile Legends pada smartphone setelah selesai melakukan restart. Cara demikian terbilang cukup simpel dan mudah dilakukan.

4. Instal Ulang Mobile Legends

Ketika Mobile Legends mengalami masalah loading screen, gamer dapat menghentikan paksa game tersebut. Tindakan ini akan memaksa sistem untuk berhenti membaca game Mobile Legends yang mengalami galat. Kemudian aktifkan kembali aplikasi dan cobalah untuk menjalankan lagi.

Apabila gamer sudah memakai berbagai metode, namun belum mendapatkan solusi yang tepat, maka cara mengatasi Mobile Legends stuck di loading adalah menginstal ulang. Cobalah hapus aplikasi Mobile Legends yang ada dalam smartphone. Setelah beberapa saat, instal kembali game tersebut.

Penerapan cara ini terbilang membutuhkan banyak paket data, tetapi dapat menjadi solusi yang ampuh. Gamer harus memastikan bahwa akun Mobile Legends sudah terhubung pada akun Google atau media sosial. Supaya data yang dimiliki tidak hilang ketika menginstal aplikasi Mobile Legends baru.

5. Hindari Penggunaan Hack, Cheat, dan Mod

Penyebab susahnya menjalankan Mobile Legends bisa jadi dikarenakan penggunaan cheat, mod, maupun hack. Meski bertujuan untuk memudahkan pemain, namun cara bermain tersebut termasuk curang. Hal inilah yang memicu terjadinya eror dalam aplikasi Mobile Legends.

Apabila sudah terlanjur menggunakan cara curang seperti di atas, maka gamer harus segera menghapusnya. Sebaiknya hindari penggunaan cara curang tersebut dan mulailah menggunakan aplikasi yang asli. Menghapus aplikasi cheat akan membuat Mobile Legend berjalan optimal dalam smartphone.

6. Beri Izin Fitur Dalam Mobile Legends

Ketika baru menginstal aplikasi, mungkin gamer melupakan untuk memberi izin seluruh fitur yang mendukung Mobile Legends. Padahal mengijinkan seluruh fitur akan menurunkan terjadinya masalah ketika login pada aplikasi. Termasuk kondisi saat Mobile Legends stuck saat loading.

Pada dasarnya aplikasi Mobile Legends membutuhkan sejumlah akses agar game bisa berjalan lancar. Misalnya akses kontak, mikrofon, lokasi, telepon, dan penyimpanan. Untuk memastikannya gamer dapat mengecek di bagian Settings smartphone.

Pilih opsi ‘Aplikasi’ dan tunggu sampai seluruh daftar aplikasi terlihat. Pilih aplikasi Mobile Legends dan klik bagian ‘Perizinan APL’ untuk melihat akses yang dibutuhkan. Geser semua akses tersebut hingga tombol berganti warna hijau yang menandakan sudah diberikan izin.

7. Gunakan DNS Resolver atau VPN

Aplikasi Mobile Legends yang mengalami stuck saat loading bisa diselesaikan dengan menambahkan penggunaan VPN. Dalam hal ini, VPN maupun DNS Resolver bekerja dalam menutup jaringan provider yang tidak stabil. Sebab, masalah inilah yang memicu terjadinya stuck saat loading.

Demikianlah berbagai cara mengatasi Mobile Legends stuck di loading yang dapat dipelajari dan dicoba. Apabila tidak berhasil login, cobalah untuk melapor pada CS. Gamer bisa menghubunginya melalui web resmi Mobile Legends dan menyampaikan permasalahan login.