Game Free Fire merupakan permainan yang membutuhkan spesifikasi yang tinggi untuk bisa memainkan nya dengan lancar dan tanpa kendala. Meski demikian, tidak perlu khawatir karena ada banyak tips dan juga  cara mengatasi hp patah patah saat main game free fire.

Namun karena kehebatannya, banyak pengguna yang terpaksa terus menginstal aplikasi Free Fire di perangkat low-end. Memang sangat banyak peminatnya sehingga gaem ini semakin terkenal.

Free Fire adalah game online yang memerlukan spesifikasi yang tinggi saat memainkannya dengan lancar. Jika gadget yang digunakan tidak memenuhi aturan dasar yang diperlukan, tentu tidak mengherankan jika game tersebut tidak dapat dimainkan tanpa hambatan.

Ingin tahu bagaimana caranya agar HP tidak patah patah waktu bermain game ini? Jika ponsel rusak saat bermain game Free Fire, dibawah ini akan diulas cara cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya: 

1. Menggunakan Koneksi Internet yang Stabil

Sebelum memeriksa bagian lain, pastikan sudah menggunakan koneksi internet yang stabil, karena game free fire sangat bergantung pada jaringan. Ya, gaming lag bisa terjadi saat menggunakan koneksi internet yang kurang stabil. Jika sinyal data internet tidak mendukung, pilihlah jaringan WiFi.

2. Merubah Grafik HP Game

Free Fire berikutnya yang rusak bisa diperbaiki dengan merubah grafiknya. Meskipun pada umumnya mengubah desain akan terlihat kurang bagus, langkah ini sangat efektif dalam menebus keputusan gadget yang tidak didukung.

Tentunya ponsel dengan detail rendah akan lebih sulit untuk dipusingkan dengan desain tinggi. Hasilnya akan di bawah standar atau rusak, bahkan jika dipaksakan.

Oleh karena itu, jika memiliki ponsel dengan detail rendah, pengaturannya adalah menurunkan pengaturan gambar untuk game Free Fire. Ini dapat dicapai dengan cara berikut:

  • Di halaman utama menu Free Fire, di pojok kanan atas  kliklah pada  bagian pengaturan dengan simbol item.
  • Sejak saat itu, presentasi yang mengatakan “realistis” akan muncul. Oleh karena itu, jika pengaturan awal masih disetel ke “ultra”, coba alihkan ke “standar” atau “halus”.

3. Membersihkan Cache dan File yang Tidak Digunakan

Jika telah melakukan semua hal lain tetapi masih tidak dapat mengaktifkan ponsel saat memainkan game Free Fire, maka harus mencoba membersihkan file cache. Karena kebanyakan hanya banyak data histori yang menumpuk.

Dengan ini akan membuat data penyimpanan yang penuh akan berkurang dan mengosongkan memori sehingga akan membuat ringan. Wajar jika setiap aplikasi yang berjalan akan lemot jika penyimpanan internal ponsel sudah penuh, termasuk game Free Fire memerlukan ruang kosong agar tidak berat.

4. Memanfaatkan Aplikasi Game Booster

Cara yang selanjutnya yakni dengan memanfaatkan aplikasi game  booster. Game supporter sendiri adalah aplikasi yang digunakan untuk melihat kecepatan dan eksekusi sebuah ponsel.

Sistem operasi aplikasi membatasi proses latar belakang smartphone. Selain itu, aplikasi latar belakang akan diminimalkan untuk memastikan game berjalan lancar dan tanpa lag.

5. Mengaktifkan Mode Offline

Cara mengatasi ponsel rusak saat bermain game Free Fire yang terakhir adalah dengan mengaktifkan Flight Mode. Kemampuan Waterplane Mode untuk mencegah panggilan mendekat saat dalam game dengan mematikan aplikasi telepon dari ponsel.

Secara alami, menghapus aplikasi telepon akan meringankan sistem, menghasilkan lebih sedikit Free Fire yang mogok. Ini merupakan salah satu cara mengatasi hp patah patah saat main game free fire yang tergolong mudah.

6. Modifikasi Setting Grafik Game

Grafik yang kurang sesuai dengan spesifikasi HP menjadi penyebab rusaknya tampilan pada game Free Fire. Dalam game ini, pemain dapat mengubah desain game agar terlihat jauh lebih menarik.

Untuk mengubahnya menjadi Medium atau Low, cukup buka menu pengaturan Free Fire. Cara ini merupakan sangat mudah untuk digunakan di HP, sehingga bisa meringankan beban HP saat akan memainkan game ini.

7. Hapus Aplikasi Tak Penting di HP

Berlebihan aplikasi di HP hanya akan membuat jalannya HP menjadi lambat dan berat. Game Free Fire akan dipengaruhi oleh jumlah RAM yang telah digunakan untuk menjalankan program lain. Oleh sebab itu sebaiknya pilihlah aplikasi yang memang jarang dipakai, hapuslah dan buang dari ponsel anda agar tidak membuat hp bekerja keras dan berat.

8. Tutup Semua Aplikasi di Latar

Aplikasi yang berjalan di latar juga membuat kerja ponsel menjadi lambat dan berat terutama saat membuka game free fire. Tutup lah saja latar di ponsel anda . Sebaiknya tinggal menutup semua aplikasi di bagian ‘Recent Applications’

Cara mengatasi hp patah patah saat main game free fire ini  bisa digunakan untuk mengatasi ponsel rusak saat bermain game Free Fire. Dengan menerapkan strategi-strategi di atas, kini bisa memainkan Free Fire dengan lancar tanpa harus pusing dengan detail ponsel yang digunakan.