YouTube masuk golongan platform yang menyenangkan untuk dimanfaatkan. Namun terkadang, YouTube memiliki beberapa kendala dalam penggunaannya sehingga video tidak bisa diputar. Jika mengalami masalah ini, maka harus tahu cara memperbaiki Youtube yang tidak bisa memutar video dengan berbagai metode berbeda.

Agar masalah bisa segera terselesaikan, maka pastikan untuk mengetahui beberapa metodenya tersebut. Apabila semua metode sudah dipahami, maka proses penyelesaiannya sangat mudah. Untuk detailnya, simak beberapa metode berikut:

1. Pakai Mode Pesawat

Metode pertama yang bisa dimanfaatkan adalah dengan memakai mode pesawat. Terkadang, video di Youtube tidak bisa diputar karena jaringannya yang tidak stabil. Oleh karenanya, penting untuk memulihkan jaringan terlebih dahulu.

Salah satu metodenya adalah dengan menyalakan mode pesawat yang ada di ponsel. Setelah dinyalakan, kemudian matikan lagi mode pesawatnya. Setelah itu sistem akan mencari jaringan terdekat yang stabil.

Proses ini bisa mengembalikan jaringan menjadi lebih stabil. Jika kendala utamanya memang ada di koneksi jaringan, maka nantinya video bisa diputar seperti biasa tanpa ada kendala lagi. Namun jika masih belum bisa, maka coba metode kedua.

2. Restart Ponsel

Cara memperbaiki Youtube yang tidak bisa memutar video yang mudah lainnya adalah dengan merestart ponsel. Langkah yang satu ini memang terlihat sepele untuk diterapkan. Namun jika dipakai, besar kemungkinan video bisa diputar lagi.

Sebenarnya konsep ini hampir sama seperti metode yang pertama. Tujuannya adalah agar koneksi internet stabil. Namun selain itu, proses restart ponsel ini juga bisa menghentikan penggunaan Youtube dan aplikasi ini bisa beristirahat sebentar.

Setelah beristirahat, maka Youtube bisa kembali memutar video seperti semua saat pertama kali dipakai dengan lancar. Metode ini tergolong proses yang mudah untuk diterapkan dan tidak akan membuat bingung pengguna awam.

3. Update Aplikasi Youtube

Kemudian, proses lain yang sangat menjanjikan adalah dengan memperbarui aplikasi Youtube. Terkadang, aplikasi Youtube yang belum di-update bisa membuat penggunaannya akan terpengaruh secara keseluruhan.

Oleh sebab itu, pastikan untuk mengupdate aplikasi secara berkala untuk menyesuaikan dengan layanan terbaru. Jika proses update sudah dilakukan, maka proses pemutaran video bisa dilakukan secara lancar tanpa kendala.

Untuk melakukan proses update ini sangatlah mudah. Pengguna hanya perlu masuk ke Play Store, kemudian pilih aplikasi Youtube. Lanjutkan proses dengan memencet tombol “Update” untuk memulai proses. Tunggu proses ini sampai selesai untuk melihat hasilnya.

4. Hapus Data Youtube

Cara memperbaiki Youtube yang tidak bisa memutar video lain dengan konsep mudah adalah dengan menghapus data yang ada di Youtube. Untuk melakukannya, tentunya ada serangkaian langkah tertentu. Simak urutan langkah ini untuk mengetahuinya:

  • Pertama, masuk ke bagian pengaturan di perangkat yang dipakai.
  • Setelah itu, masuk ke bagian “Aplikasi Terpasang”.
  • Cari aplikasi Youtube yang ada di jajaran aplikasi, kemudian buka.
  • Pada bagian bawah, akan ada beberapa opsi pilihan. Pencet saja bagian “Hapus Data” untuk menghapus data di Youtube.

Proses ini bertujuan untuk menghapus data yang memberatkan di Youtube. Meski demikian, akun dan segala aspek penting lainnya masih ada dan tidak akan hilang. Jadi metode ini juga sangat efektif dan aman untuk dimanfaatkan.

5. Tutup Semua Aplikasi yang Terbuka

Jajaran aplikasi yang masih terbuka di latar belakang juga bisa menjadi penyebab video Youtube sulit diputar. Hal ini dikarenakan sistem terlalu sibuk dan sulit untuk menyelesaikan semua proses yang ingin dijalankan.

Oleh sebab itu, lakukan proses penutupan aplikasi yang tidak dipakai agar sistem di perangkat tidak terlalu sibuk. Setelah proses penutupan dilakukan, maka nantinya video di Youtube bisa diputar kembali dengan mudah.

Proses ini tentunya mudah dan tidak akan membuat bingung pengguna yang mengalami kendala seperti ini. Jadi langsung saja menerapkannya metode yang satu ini untuk menyelesaikan masalah pemutaran video yang sedang dihadapi.

6. Hapus Cache Google Play

Cache adalah sebuah aspek yang ada di setiap aplikasi. Biasanya, cache ini sangat bermanfaat untuk penggunaan aplikasi. Namun jika cache terlalu banyak, maka kemunculan bisa membebani aplikasi dan akhirnya penggunaan aplikasi menjadi terganggu.

Untuk menghapus cache ini, ada beberapa langkah sistematis yang bisa diterapkan. Penasaran bagaimana cara menghapusnya? Simak uraian mendetail yang ada di bagian bawah ini secara menyeluruh:

  • Langkah pertama masuk ke bagian “Pengaturan” yang ada di perangkat.
  • Kemudian masuk ke menu “Aplikasi Terinstall”.
  • Lihat jajaran aplikasi yang muncul dan pilih “Layanan Google Play”.
  • Pada halaman baru bagian bawah, akan muncul beberapa opsi pilihan. Untuk melanjutkan proses, pencet tombol “Hapus Cache”. Dengan demikian, cache akan terhapus dan video bisa diputar.

Daftar cara memperbaiki Youtube yang tidak bisa memutar video tersebut tentunya bisa dijadikan solusi terbaik dalam penyelesaiannya. Karena ada banyak metode yang direkomendasikan untuk dipakai, maka bisa dicoba satu per satu sampai permasalahannya bisa teratasi.