Tak bisa dipungkiri bahwa aplikasi Facebook menjadi satu diantara beberapa sosial media dengan banyak pengguna. Namun beberapa kejadian kurang membuat pengguna nyaman, contohnya seperti spam. Untuk itulah cara memperbaiki Facebook yang kena spam perlu diketahui oleh pengguna.

Tidak jarang lantaran hal ini membuat pengguna menjadi enggan untuk memakai Facebook lagi. Padahal terjadinya spam ini dapat dipicu oleh sejumlah hal. Misalnya seperti menjalin pertemanan dengan akun sembarangan dan lainnya. Pembahasan selebihnya seperti berikut:

Cara Memperbaiki Facebook Yang Kena Spam

Jika akun Facebook yang pengguna miliki terkena spam, maka jangan khawatir dulu. Pasalnya hal semacam ini bisa ditangani dengan beberapa cara memperbaiki Facebook yang kena spam yang ada. Langsung saja berikut daftar cara yang bisa dijalankan oleh pengguna:

1. Mengamankan Akun Facebook

Langkah pertama yang bisa dilakukan pengguna untuk memperbaiki Facebook yang terkena spam yakni dengan mengamankan akun Facebook tersebut. Contohnya seperti ketika pengguna hendak melakukan login maka pengguna bisa merubah kata sandi yang dipakai.

Langkah untuk melakukan perubahan kata sandi ini cukup mudah dilakukan dengan tahapan berikut:

  • Pertama buka aplikasi Facebook dan cari akun milik pengguna. Pengguna bisa memasukkan alamat email, nomor hp, nama lengkap dan lainnya lalu klik “Cari”.
  • Lanjutkan dengan mengikuti arahan yang terdapat pada bagian layar.
  • Untuk keamanan akun pengguna, maka disarankan supaya tidak menggunakan nomor hp yang sama dengan sebelumnya.
  • Akan tetapi jika pengguna masih menjumpai permasalahan, maka pengguna bisa melaporkannya ke pihak Facebook.

2. Blokir dan Hapus Pertemanan

Langkah selanjutnya sebagai cara memperbaiki Facebook yang kena spam yakni dengan memblokir serta menghapus pertemanan. Hal ini dikarenakan spam dapat saja muncul dari teman pengguna sendiri. Untuk itulah solusinya adalah membuang pertemanan dengan akun tersebut.

Ketika akun yang dimaksud mengunggah postingan dengan cara berulang kali dan pengguna anggap sebagai spam. Maka pengguna bisa mempertimbangkan hal tersebut apakah akan menghapus, memblokir maupun melaporkan akun Facebook tersebut.

3. Melakukan Peninjauan Aktivitas

Cara lain yang bisa dijalankan oleh pengguna ketika terkena spam di aplikasi Facebook salah satu solusinya yaitu melakukan peninjauan aktivitas. Caranya cowok mudah dilakukan dengan beberapa langkah berikut:

  • Pertama pengguna perlu melakukan pemeriksaan terhadap riwayat login. Fungsinya tidak lain untuk mengetahui login mencurigakan.
  • Lakukan juga pemeriksaan terhadap log aktivitas yang dimiliki serta hapus bagian tindakan yang tak dikehendaki.
  • Periksa juga bagian aplikasi serta game yang terpasang kemudian hapus yang tak dipakai.
  • Hapus sejumlah data seperti foto, postingan, grup dan lainnya yang tidak pengguna buat.
  • Berikan laporan spam kepada pihak Facebook.

Penyebab Akun Facebook Terkena Spam

Perlu diketahui bahwa terjadinya spam pada akun Facebook ternyata bisa dipicu oleh beberapa sebab. Untuk itulah pengguna perlu mengetahui sebab tersebut dengan baik. Tujuannya supaya akun yang dimiliki tetap aman dari spam. Langsung saja berikut daftar penyebab spam di akun Facebook:

1. Sering Komentar di Grup yang Tidak Jelas

Penyebab pertama akun Facebook milik pengguna terkena spam yakni lantaran turut berkomentar pada grup maupun forum yang tidak jelas. Pasalnya komentar yang forum maupun grup yang tak jelas tersebut bisa membuat akun milik pengguna menjadi rawan.

Ditambah lagi jika pengguna memang memberikan komentar dalam waktu yang cukup sering. Untuk itulah pengguna bisa memilih untuk memberikan komentar pada grup maupun forum yang memang sudah terpercaya saja. Hal ini penting untuk keamanan akun yang dipakai.

2. Sering Mengunggah Konten Meresahkan

Faktor penyebab lainnya yang bisa membuat akun Facebook milik pengguna banyak spam yakni lantaran kerap mengunggah postingan yang meresahkan. Bahkan bukan tidak mungkin akun pengguna bakal dilaporkan oleh pengguna lain lantaran dinilai mengganggu.

Nantinya jika akun Facebook sudah dilakukan pelaporan sebagai spam. Maka akun tersebut bakal melalui proses peninjauan oleh pihak Facebook. Dimana semakin banyak spam yang diberikan oleh pengguna lain, berimbas pula pada semakin banyaknya potensi hukuman yang didapatkan.

3. Membagikan Banyak Link yang tak Semestinya

Melakukan penyebaran link dari konten yang tidak semestinya juga bisa menjadi penyebab akun Facebook terkena spam. Dengan kata lain bahwa ketika pengguna mengunggah link yang tidak jelas maka bisa saja pengguna lain merasa terganggu. Bahkan pengguna yang terganggu tersebut tidak menutup kemungkinan berjumlah banyak.

Perkara semacam ini pun bisa membuat akun milik pengguna dilaporkan oleh akun lain sebagai ungkapan yang isinya spam. Maka dari hal inilah sebaiknya pengguna memperhatikan terlebih dulu postingan yang link nya bakal dibagikan. Jangan asal saja lantaran hal ini bisa berakibat fatal bagi akun.

Demikian sekilas pembahasan terkait cara memperbaiki Facebook yang kena spam dan sejumlah penyebabnya. Ulasan di atas penting dipahami terutama bagi pengguna Facebook supaya akun yang dimiliki tetap aman tanpa gangguan spam. Untuk itu pengguna perlu berhati-hati supaya tak melakukan penyebab terjadinya spam.