Kontak yang tersimpan di perangkat tentunya sangat penting. Apabila semua kontak hanya disimpan di perangkat saja, maka saat perangkat rusak semua kontak juga hilang. Oleh sebab itu, sangat disarankan menyimpannya di Google. Cara memindahkan kontak ke akun Google sebenarnya bukanlah proses yang rumit.

Proses pencadangan kontak ini memiliki proses yang berbeda jika sistem perangkat yang dipakai juga berbeda. Oleh sebab itu, pada uraian kali ini akan dijelaskan cara memindahkannya pada Android dan iOS. Untuk lebih jelasnya, simak detail uraian berikut ini secara menyeluruh:

Cara Memindahkan Kontak Terlengkap

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, proses atau cara memindahkan kontak ke akun Google ini sudah dibedakan menjadi dua golongan. Hal ini dikaitkan dengan golongan sistem yang dimanfaatkan pengguna. Inilah dua proses atau cara yang bisa diikuti sampai selesai:

1. Cara Memindahkan Kontak di Android

Bagi pengguna Android yang ingin mencadangkan kontaknya, maka prosesnya tergolong sangat mudah. Cara memindahkan kontak ke akun Google pada Android ini tidak membutuhkan tambahan aplikasi bantuan untuk segala prosesnya.

Asal perangkat memiliki jaringan internet dan akun Google yang sudah terkoneksi, maka prosesnya bisa diselesaikan dengan cepat. Penasaran bagaimana proses yang bisa dilakukan untuk pemindahan kontaknya? Simak uraian berikut ini untuk mengetahui detailnya:

  • Langkah paling dasar yang harus diikuti adalah masuk ke menu “Call”. Menu ini adalah tempat untuk melakukan panggilan telepon.
  • Kemudian, masuk pada bagian menu “Kontak”. Biasanya, pengguna hanya perlu menggeser layar utama ke bagian kanan untuk menemukannya. Nantinya, pengguna akan melihat daftar kontak yang tersimpan di perangkat.
  • Setelah itu, pengguna harus memencet tombol dengan logo tiga titik. Letak tombol ini ada di bagian kanan sisi atas.
  • Apabila muncul dua opsi pilihan, maka lanjutkan dengan mulai memencet tombol “Impor/Ekspor Kontak”.
  • Jika sudah memencet tombol tersebut, maka pengguna akan diarahkan pada halaman baru. Pilih saja opsi “Ekspor ke Penyimpanan”.
  • Saat ada kotak dialog yang muncul untuk memberikan konfirmasi, maka pilih saja jawaban “Oke”.
  • Kemudian, pengguna akan diarahkan pada menu “Opsi Pengembangan”. Pada bagian ini, maka pencet tombol “Impor ke Penyimpanan”.
  • Lalu pilih akun Google yang akan dijadikan tempat mencadangkan semua kontak.
  • Akhiri proses dengan memilih berkas yang ingin dicadangkan. Berkas kontak ini biasanya akan memiliki format vcf. Kemudian, pencet tombol “Ok” dan sistem akan mencadangkannya secara otomatis.

2. Cara Memindahkan Kontak di iOS 

Selain cara memindahkan kontak ke akun Google di Android, akan dijelaskan juga cara yang bisa diaplikasikan di iOS. Jika dibandingkan dengan metode pertama di Android, metode yang kedua ini akan jauh lebih sederhana. Pengguna hanya harus melalui empat langkah dalam prosesnya.

Meski hanya perlu melalui empat langkah, namun hasil penyimpanannya masih akan sama. Semua kontak juga akan dicadangkan di Google tanpa ada bagian yang tersisa. Penasaran bagaimana cara mencadangkannya? Berikut urutan langkahnya:

  • Sebagai langkah awal, pengguna harus masuk ke bagian “Setting” yang ada di perangkat.
  • Setelah itu, scroll ke bagian bawah dan pilih menu “Contacts” Bagi pengguna iOS lama, maka menu yang bisa dipilih adalah “Mail, Contacts, Calendars”.
  • Saat sudah masuk ke dalam menu tersebut, maka pengguna bisa memilih bagian “Import SIM Contacts”. Bagian ini terletak di daftar paling bawah.
  • Terakhir, pengguna hanya harus memilih akun Google yang akan dipakai untuk mencadangkan kontak. Selesaikan dengan tombol “Ok”, dan semua kontak akan dicadangkan secara cepat.

Sama seperti Android, proses ini juga membutuhkan jaringan internet. Apabila tidak ada jaringan internet, maka kontak yang tersimpan tidak akan bisa dimasukkan atau dicadangkan ke dalam akun Google. Oleh sebab itu, pastikan untuk memahami aspek ini dengan baik.

Tips Memindahkan Kontak ke Akun Google

Selain berbagai metode atau cara memindahkan kontak ke akun Google di atas, pengguna juga harus paham mengenai detail tipsnya. Jika sudah paham dengan segala tips ini, maka prosesnya akan jauh lebih terarah dan akan meminimalisir kegagalan.

Setidaknya ada empat tips utama yang harus dipahami dengan baik. Apabila semua bagiannya dipahami dengan baik, maka prosesnya akan mudah diselesaikan. Simak deretan tips berikut ini untuk mengetahui detailnya:

  • Pastikan kontak sudah tersimpan dalam format CSv atau vCARD.
  • Agar proses bisa dilakukan dengan cepat, pastikan untuk memisahkan kotak menjadi beberapa file CSv. Hal ini berlaku bagi pemilik kotak yang jumlahnya lebih dari 3000 kontak.
  • Sebelum melakukan pencadangan, pastikan jumlah Google Kontak masih ada di kisaran 25.000 ke bawah.
  • Akan lebih baik untuk mengatur sinkronisasi otomatis. Dengan demikian, semua kontak baru akan langsung dicadangkan tanpa melakukan proses manual.

Demikianlah penjelasan tentang metode atau cara memindahkan kontak ke akun Google dengan proses yang ringkas. Siapa saja bisa melakukannya tanpa harus memiliki keahlian khusus. Asal semua detail langkah diikuti dengan baik, maka prosesnya akan berhasil sesuai keinginan.