Minecraft adalah golongan game yang bisa dimainkan penggunanya dengan konsep membangun dunia virtual. Bagi pengguna yang ingin kualitas permainannya meningkat, maka sangat disarankan untuk memakai server buatan sendiri. Cara membuat server Minecraft sendiri, akan dijelaskan dalam artikel ini.

Selain informasi mengenai cara pembuatannya, maka akan diinformasikan juga alasan kenapa proses ini penting untuk diterapkan. Penasaran dengan semua penjelasan tersebut? Untuk mengetahui jawabannya, simak dan pahami detail uraian berikut secara menyeluruh:

Langkah Membangun Server Minecraft Terlengkap

Bagi yang masih belum familiar dengan proses ini, maka akan menganggap rincian caranya sangat rumit. Namun sebenarnya, proses membangun server di game Minecraft ini tidak terlalu sulit asal mengikuti proses yang tepat. Jadi setiap poinnya termasuk krusial dan tidak bisa disepelekan.

Setidaknya ada enam poin langkah utama yang bisa diterapkan atau difungsikan. Nantinya, akan dijabarkan pula uraian poin langkah tersebut. Jika ingin tahu bagaimana proses lengkapnya, simak panduan atau cara membuat server Minecraft yang ada di bawah ini secara menyeluruh dan mendetail:

  • Untuk memulai prosesnya, pengguna harus masuk ke cmd atau command prompt yang ada di PC pribadi.
  • Kemudian, lakukan proses pengecekan versi java agar bisa menyesuaikan prosesnya. Masukkan saja perintah “java –version” di cmd. Apabila versi yang terpasang sudah mengikuti yang terbaru, maka bisa menuju proses selanjutnya. Namun jika belum, maka harus memperbarui versi javanya.
  • Setelah proses di atas selesai, pengguna bisa melanjutkan proses dengan melakukan pengunduhan file setup di situs resmi Minecraft. Nantinya, file ini akan memiliki format jar. Agar lebih mudah dipakai, masukkan dalam semua folder baru.
  • Untuk memulai programnya, maka klik dua kali pada file setup tersebut. Proses ini akan mengarahkan pengguna untuk membuat file eula.txt.
  • Proses selanjutnya adalah membuka file EULA. Pada bagian dalamnya, pengguna harus mengganti opsi false menjadi true.
  • Terakhir, pengguna harus memencet dua kali file dengan format jar tersebut. nantinya, server Minecraft akan mulai berjalan.

Detail proses di atas tentunya tidak bisa disepelekan begitu saja. Agar prosesnya tidak menemukan hambatan, maka pastikan untuk mematikan Windows Firewall selama prosesnya berlangsung. Apabila fitur ini masih berjalan, maka proses membangun server tidak akan berhasil.

Jadi saat prosesnya gagal di bagian akhir, jangan langsung bingung dan coba cek bagian Windows Firewall. Apabila masih aktif, maka segera matikan dan mulai prosesnya dari awal. Nantinya, proses akan berjalan dengan cepat dan memberikan golongan hasil yang memuaskan.

Alasan Harus Membangun Server di Minecraft

Selain informasi tentang cara membuat server Minecraft, pengguna juga harus tahu mengapa server Minecraft harus dibuat sendiri. Jadi jika dijabarkan, konsep alasan ini juga bisa mengarah pada aspek keuntungan yang akan didapatkan oleh setiap pengguna yang memainkannya.

Setidaknya, ada tiga alasan utama yang akhirnya membuat banyak pihak memutuskan membuat server sendiri. Penasaran apa saja poin alasan tersebut? Untuk mengetahui detailnya, pahami uraian yang ada di bawah ini secara menyeluruh dan detail:

1. Pengguna Tidak Harus Mengikuti Aturan Server Asli

Jika memakai server asli dari Minecraft, maka pengguna tidak akan bisa bermain game dengan lebih leluasa. Ada aturan-aturan khusus dari server asli yang harus dijalankan oleh pengguna sehingga permainan sulit berkembang. Dengan adanya aturan ini, maka pengguna akan bermain dengan lambat.

Sedangkan jika ada server buatan sendiri, pengguna tidak harus mengikuti semua aturan yang bisa menghambat permainan. Proses ini tentunya akan sangat menguntungkan untuk dipakai. Oleh karenanya, pembuatan server sendiri bisa dijadikan pilihan.

2. Cakupan Permainan Semakin Luas

Dengan memakai server buatan sendiri, maka pengguna bisa membuat cakupan dan jangkauan permainan yang lebih besar. Aspek ini, tentunya akan memudahkan pengguna yang ingin membuat dunia virtualnya menjadi semakin besar dan berkualitas.

Proses pembangunan di satu bagiannya juga akan cepat, sehingga pengguna bisa berjalan menuju pembangunan bagian lainnya. Jadi, pengguna tidak hanya akan berpacu pada sisi itu-itu saja yang bisa menghambat proses permainan dalam Minecraft.

3. Pengguna Bisa Memasukkan Versi Modifikasi

Bahkan, pengguna juga bisa memasukkan versi MOD ke dalam server ini. Melalui layanan ini, maka pengguna bisa membangun dunia yang lebih besar. Proses pembuatan bangunan dan perluasan alam juga bisa terus disesuaikan dan bisa menjangkau lebih banyak bagian.

Sedangkan jika memakai versi asli, maka pengguna akan sulit memasukkan versi modifikasi di dalamnya. Aspek ini sudah menjadi ketentuan dasar yang tidak bisa dilanggar. Oleh sebab itu, pemanfaatan server buatan sendiri akan menjamin prosesnya menjadi lebih mudah.

Itulah metode atau cara membuat server Minecraft paling lengkap. Sesuai dengan penjelasan tersebut, maka bisa disimpulkan jika proses ini sangatlah krusial dan bisa memberikan banyak golongan manfaat. Oleh karenanya, pastikan untuk menerapkannya dengan baik.