Bagi sebagian pengguna YouTube informasi cara melihat video YouTube yang disembunyikan terkadang dibutuhkan karena kepentingan tertentu. Apalagi video yang di upload belum sempat ditonton namun sudah disimpan oleh content creator.

Atas dasar inilah diperlukan ulasan yang membahas tentang bagaimana cara tepat dalam melihat tayangan YouTube setelah disembunyikan. Mari simak ulasan di bawah ini dengan teliti agar tidak ada yang ketinggalan.

Cara Melihat Video YouTube yang Disembunyikan  

Sebenarnya ada sejumlah cara yang dapat digunakan, namun pada pembahasan berikut hanya empat saja yang dipilih. Untuk lebih mengerti dan tidak bingung saat mempraktekkan metode yang mau diterapkan, langsung saja lihat dengan baik.

1. Gunakan Creator Studio

Cara awal yang bisa dilakukan dengan memanfaatkan Creator Studio, namun perlu dipastikan agar meminta izin akses content creator yang dimaksud. Apabila sudah mendapatkan izin maka langsung saja lihat langkah selanjutnya:

  • Masuk ke akun YouTube pribadi. Setelah memperoleh izin, masuk ke dalam akun YouTube milik pribadi lalu klik menu Profil yang terletak di kanan sudut atas.
  • Cari Creator Studio. Kemudian cari opsi Creator Studio diikuti dengan menekan perintah Lihat Semua pada kotak video (tanda kunci khusus konten yang tersembunyi).
  • Masuk ke akun Email pribadi. Lalu coba lihat pada kotak Email di akun masing-masing akan ada panggilan menonton dari si content creator.
  • dan Tonton video. Dengan adanya panggilan menonton yang diberikan content creator maka video dapat dilihat.

2. Gunakan Menu Pengaktifan Video

Cara kedua ini hanya bisa dilakukan bagi content creator yang ingin mengembalikan video di muka umum, bukan buat si penonton. Untuk mengetahui tahapan lengkapnya, ikuti penjabaran di bawah ini dengan saksama:

  • Pastikan proses editing telah selesai. Kebanyakan content creator melakukan privasi video karena belum rampungnya proses penyuntingan inilah mengapa tahap pertama perlu dipastikan semua sudah beres.
  • Isi formulir yang diberikan. Setelah itu, lakukan pengisian formulir yang diberikan sesuai instruksi pengembalian video ke ruang umum (pilih opsi Saluran YouTube untuk Publik).
  • dan Tunggu proses pengaktifan. Lalu tunggu hingga proses pengaktifan selesai yang mana nantinya video dapat dilihat lagi oleh banyak pengguna YouTube.

3. Gunakan VPN

Seperti diketahui VPN memiliki kemampuan dalam menjangkau seluruh situs dan konten-konten yang tersedia di berbagai macam platform termasuk yang diprivasi. Agar bisa menerapkan cara melihat video YouTube yang disembunyikan melalui VPN maka pastikan telah memahami langkah berikut:

  • Pasang alat VPN terbaik. Langkah pertama, tentu bagi yang tertarik menggunakan VPN harus memasang aplikasi pada perangkat seluler (disarankan memilih premium).
  • Aktifkan koneksi. Langkah selanjutnya, aktifkan koneksi VPN sesuai dengan server paling dekat dengan lokasi tempat tinggal.
  • dan Buka YouTube. Langkah akhir, masuk kembali ke aplikasi atau situs YouTube kemudian pilih video yang mau ditonton tadi.

4. Melalui Saluran Baru

Cara yang keempat adalah dengan membuat saluran baru untuk kebutuhan upload ulang konten video di akun YouTube pribadi. Tahapan lengkap lagi rinci dapat dilihat di bawah ini:

  • Klik menu Profil. Dalam akun YouTube, tekan menu Profil yang tersedia di sisi atas kanan untuk melanjutkan tahapan.
  • Klik menu Pengaturan. Dengan mengklik menu Profil akan dibawa ke menu Pengaturan lalu tekan agar bisa dilakukan kustomisasi Manage Channel.
  • dan Cari video yang disembunyikan. Berikutnya cari video yang telah diproteksi kemudian buat Saluran Baru supaya dapat kembali ditonton.

Panduan Mengunduh Video di YouTube 

Apabila dirasa tidak cuma ingin melihat video namun tertarik mengunduhnya supaya bisa ditonton nanti maka gunakan website Savefrom. Namun perhatikan bahwa untuk memanfaatkan fitur Keepvid, pengguna harus mengkopi tautan video yang dimaksud.

Lalu dengan kopian link tersebut tempel pada kolom yang tampil di layar kemudian klik opsi Download dimana akan terunduh. Download bisa dimulai sesuai instruksi sistem beserta penentuan kualitas dari video apakah mau yang biasa atau yang lebih jelas.

Bukan hanya lewat Savefrom, Tubeninja juga sering dimanfaatkan sebagai media pengunduhan video dari YouTube. Dalam menggunakan Tubeninja, lakukan pencarian situs lewat peramban yang ada di perangkat dan masuk ke laman.

Setelahnya, kopi link video yang mau ditonton lalu paste ke dalam kotak kemudian atur kualitas pengunduhan. Jika yang digunakan komputer maka pilih opsi Save Video As, tetapi kalau ponsel klik Download Video.

Namun kalau ingin video yang diproteksi content creator maka jangan lupa meminta izin dari pemilik yang susah payah menghasilkan konten. Di samping menghargai usaha content creator, pengunduhan tanpa izin juga dapat melanggar hak cipta yang bisa membuat masalah hukum kedepannya.

Itulah ulasan bagaimana cara melihat video YouTube yang disembunyikan secara mudah baik dari content creator maupun pengguna itu sendiri. Bagi content creator yang mau meng-upload konten ada baiknya cek dahulu sebelum dibagikan ke ruang publik, tujuannya supaya tidak repot.