Beberapa orang pasti pernah memperoleh telepon atau pesan dari nomor yang tidak dikenal. Ketika hal ini terjadi, tentunya membuat penasaran terkait pemilik dari nomor telepon tersebut. Saat ini ada cara melacak no Hp yang tidak dikenal untuk mewaspadai penipuan.

Dengan cara-cara ini, maka bisa mengetahui pemilik dari nomor Hp tersebut. Selanjutnya, jika ada panggilan dari nomor itu kembali maka bisa memutuskan untuk mengangkat atau mengabaikan panggilan tersebut. Berikut beberapa cara untuk melacak no Hp:

1. Menggunakan Aplikasi Truecaller

Salah satu aplikasi yang dapat membantu untuk mengidentifikasi nomor Hp yang tidak dikenal yaitu Truecaller. Lewat aplikasi ini, pengguna bisa mengetahui apakah nomor yang tengah menghubungi penting atau justru penipu.

Selain itu, nomor telepon yang terindikasi sebagai spam atau penipu juga akan menunjukkan warna merah. Truecaller tersedia di Play Store dan dapat digunakan gratis maupun berbayar. Berikut cara menggunakannya:

  • Download aplikasi Truecaller di Play Store.
  • Buka aplikasi, klik Mulai dan berikan izin akses untuk aplikasi.
  • Verifikasi dengan memasukkan nomor Hp pribadi.
  • Setelah berhasil masukkan nama dan alamat email, kemudian klik next.
  • Selanjutnya Truecaller akan menunjukkan informasi kontak yang pernah menghubungi.

2. Melacak dengan Getcontact

Cara melacak no Hp yang tidak dikenal juga bisa dilakukan melalui Getcontact. Aplikasi ini sangat populer sebab bisa mengetahui nama pengguna dari suatu nomor telepon. Untuk menggunakan aplikasi Getcontact pun sangat mudah. Ikuti prosesnya melalui tahapan berikut ini:

  • Download aplikasi Getcontact kemudian buka aplikasi tersebut.
  • Selanjutnya, klik Agree & Continue kemudian pilih Start Now untuk memulai.
  • Daftar akun Getcontact terlebih dahulu dan verifikasi kode.
  • Jika sudah, masukkan nomor Hp yang ingin dilacak pemiliknya.
  • Klik search, maka akan muncul informasi nama dari kontak tersebut, klik More Tag untuk melihat nama kontak yang lebih banyak.
  • Aplikasi ini juga bisa digunakan untuk mengetahui orang-orang menyimpan nomor pengguna dengan nama siapa.

3. Menggunakan Situs Kredibel

Melacak nomor Hp seseorang juga dapat dilakukan dengan mengunjungi situs Kredibel. Melalui situs ini, pengguna bisa mengetahui informasi terkait nomor yang mencurigakan. Bahkan, pengguna juga bisa mengetahui apakah nomor tersebut pernah melakukan penipuan atau tidak. Untuk menggunakannya sangat mudah, sebagai berikut:

  • Buka browser terlebih dahulu.
  • Kemudian akses situs Kredibel.
  • Masukkan nomor telepon tidak dikenal yang akan dilacak.
  • Informasi terkait status pemilik nomor tersebut akan ditampilkan oleh Kredibel.

Sebagai informasi, situs ini bukan hanya untuk mengetahui apakah nomor telepon tersebut penipu atau bukan. Namun juga dapat digunakan untuk mengetahui nomor rekening yang pernah dilaporkan sebagai penipu. Hal ini bisa mencegah terjadinya penipuan dari orang asing.

4. Memanfaatkan Aplikasi Call Control

Jika sering mendapatkan telepon dari nomor tidak dikenal, coba lah untuk melacak pemiliknya lewat aplikasi Call Control. Terlebih cara melacak no Hp yang tidak dikenal lewat aplikasi ini pun sangat mudah.

Dengan Call Control, nomor asing bisa dilacak apakah pernah terdaftar sebagai penipuan HRD, telemarketing dan lainnya. Apabila memang terindikasi sebagai penipu, segera blokir nomor tersebut.

Pada dasarnya, Call Control hampir sama dengan Getcontact maupun Truecaller. Yang membedakan adalah penampilan dari aplikasi ini. Sementara fungsinya tetap sama yaitu untuk mengetahui atau melacak nomor Hp seseorang. Sehingga pengguna bisa lebih berhati-hati ketika memperoleh panggilan dari nomor asing.

5. Menggunakan Sync.ME

Selain mengetahui nama pemilik nomor telepon, Sync.Me juga memungkinkan bagi penggunanya untuk melihat foto dari pemilik nomor tersebut. Bukan itu saja, aplikasi ini juga mampu mengidentifikasi panggilan spam, robocall maupun telemarketer.

Oleh sebab itu, pengguna bisa segera menolaknya jika nomor tersebut teridentifikasi berbahaya. Nantinya, jika merasa terganggu karena muncul panggilan terus menerus. Maka nomor tersebut dapat dimasukkan ke dalam daftar hitam. Sehingga nomor Hp tersebut tidak dapat menghubungi kembali.

Jadi aplikasi ini bisa menolak panggilan misterius serta yang terdapat dalam daftar hitam. Tidak perlu bingung lagi apabila muncul panggilan dari nomor tidak dikenal. Sebab pengguna bisa langsung tahu siapa yang tengah menghubungi.

6. Menggunakan Aplikasi telGuarder

Aplikasi lain yang bisa digunakan untuk melacak nomor Hp tidak dikenal yaitu telGuarder. Salah satu keunggulan dari teGuarder yaitu pengguna bisa memperoleh peringatan otomatis apabila terdapat panggilan yang teridentifikasi sebagai spam.

Dengan begitu, pengguna bisa segera menolak panggilan tersebut. Pengguna juga bisa memblokir panggilan apabila ingin nomor tersebut tidak menghubungi lagi. Nantinya, jika sudah mengetahui ada nomor yang terindikasi sebagai penipu maka pengguna bisa melaporkan nomor tersebut.

Hal ini akan membantu orang lain agar lebih berhati-hati serta terhindar dari penipuan. Aplikasi teGuarder tersedia di Play Store juga App Store. Jika ingin menggunakannya, maka cukup download aplikasi saja dan mendaftarkan diri.

Itulah beberapa cara melacak no Hp yang tidak dikenal termudah. Melalui beberapa cara tersebut, pengguna tidak perlu merasa khawatir jika ada nomor asing yang menghubungi. Tentunya hal ini juga bisa meminimalisir pengguna mengalami penipuan dan kerugian lainnya.