Tak bisa dipungkiri bahwa cara kirim file besar lewat email banyak dicari untuk sejumlah kebutuhan. Mengingat belakangan ini email menjadi sarana untuk melakukan pengiriman file. Namun yang menjadi kendala adalah ukuran dari file diberlakukan pembatasan hingga maksimal 25 MB saja.

File yang mampu dilakukan pengiriman terdiri dari beragam jenis yang meliputi file jenis video sampai dengan file jenis dokumen. Bahkan untuk sejumlah perusahaan memberikan batasan maksimal melakukan pengisian file berukuran 10 MB. Berikut cara alternatif melakukan pengiriman file berukuran besar:

Sekilas Tentang Email

Selain dipakai untuk bertukar pesan ataupun file. Ternyata email juga banyak dipakai untuk mendaftar sejumlah platform lainnya. Diantaranya meliputi beberapa akun sosial media semisal Facebook atau yang lainnya.

Tidak jarang juga email dipakai sebagai media untuk melakukan promosi suatu produk maupun jasa. Dimana peran email sendiri adalah sebagai identitas. Jenis email ada beberapa macam mulai dari Pop Mail sampai dengan Forward Mail dengan fungsinya masing-masing.

Cara Alternatif Kirim File Besar Lewat Email

Sebagaimana yang sudah disinggung sebelumnya jika untuk melakukan pengiriman file melalui email maksimal berukuran 25 MB dalam sekali kirim. Walaupun demikian, namun pengguna masih bisa mencari jalan alternatif lainnya supaya file berukuran besar tetap bisa dikirim melalui email.

Ternyata caranya cukup mudah dilakukan yaitu dengan memakai aplikasi pihak ketiga. Berikut beberapa aplikasi pihak ketiga yang bisa dipakai untuk melakukan pengiriman file besar:

1. Menggunakan Google Drive

Seperti yang diketahui bahwa yang namanya Google Drive dilengkapi beberapa fitur unggulan. Satu diantaranya yaitu integrasi bersama dengan beberapa produk lain yang meliputi Google Doc. Kemudian ada Google Slide dan yang terakhir adalah Google Sheet.

Aplikasi ini mampu menampung file yang jumlahnya hingga mencapai 15 GB. Nantinya pengguna dapat melakukan penyimpanan maupun pengiriman file ke sejumlah platform lain. Misalnya saja seperti email, sosial media atau lainnya dengan beberapa langkah berikut:

  • Langkah pertama perlu membuka aplikasi Google Drive yang terpasang di perangkat. Setelah itu baru lakukan login gunanya bisa membuka akun Google Drive.
  • Tekan tombol “New” yang posisinya ada di sisi kiri bagian atas guna mengunggah file yang akan dilakukan pengiriman melalui email.
  • Pilih file yang tadi diunggah guna menampilkan pilihan “Share With Others”.
  • Kemudian masukkan alamat email dari pihak yang dituju dalam pengiriman file ini.
  • Lakukan juga pengisian terhadap jenis akses yang akan diberikan. Sejumlah akses yang disediakan meliputi edit, kemudian view, serta juga comment.
  • Apabila pihak yang dituju untuk melakukan pengiriman file bukan pengguna Gmail. Maka langkah yang perlu dilakukan adalah memilih menu “Get Shareable Link”. Setelah itu copy dan paste link tersebut di bagian badan email.

2. Menggunakan Dropbox

Pilihan lain sebagai cara kirim file besar lewat email adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga bernama Dropbox. Diketahui bahwa aplikasi satu ini mempunyai fitur utama berupa file hosting dalam bidang blog maupun website.

Aplikasi ini juga dilengkapi dengan kapasitas penyimpanan yang mencapai 2 GB serta media backup yang cukup aman. Untuk melakukan pelampiran file memakai aplikasi Dropbox perlu melalui beberapa langkah berikut:

  • Pertama pengguna perlu membuka aplikasi Dropbox hingga memunculkan tampilan laman pertama.
  • Jika sudah punya akun tinggal lakukan login saja, namun jika belum bisa mendaftar lebih dulu di menu yang tersedia.
  • Ketika sudah berhasil login pilih ikon untuk mengunggah file yang letaknya ada di bagian pojok kanan sisi atas.
  • Lakukan pemilihan terhadap file yang akan dilakukan pengiriman via  email.
  • Kemudian lakukan pencarian akan file yang dilakukan pengunggahan tersebut lalu pilih “Share”
  • Setelah itu pilih menu “Create Link”, baru salin link tersebut lalu tempelkan di bagian badan email penerima.

3. Menggunakan Microsoft OneDrive

Alternatif berikutnya untuk cara kirim file besar lewat email adalah dengan memakai aplikasi bernama Microsoft OneDrive. Kapasitas penyimpanan yang disediakan oleh aplikasi ini cukup besar mencapai 15 GB.

Selain itu aplikasi ini ternyata juga terintegrasi dengan cara real-time bersama sejumlah layanan lain dari Microsoft. Berikut beberapa langkah untuk melakukan pengiriman email memakai lampiran dari OneDrive:

  • Langkah pertama adalah masuk pada laman OneDrive dan melakukan login.
  • Pilih menu unggah yang ada dan lakukan pencarian file yang hendak dikirim.
  • Ketika file tersebut sudah berhasil diunggah, maka berikan centang pada bagian file tadi guna dibagikan melalui email.
  • Pilih menu “Share” dan lanjutkan dengan klik “Get a Link” lalu pilih publik.
  • Berikutnya pilih “Create Link”, apabila tampilan link sudah muncul maka pengguna bisa menyalin link tersebut dan tempelkan di badan email guna dibagikan.

Itu tadi pembahasan mengenai cara kirim file besar lewat email menggunakan aplikasi pihak ketiga. Alternatif ini bisa dipilih ketika file yang dilakukan pengiriman mempunyai  kelebihan kapasitas. Mengingat email hanya mampu melakukan pengiriman file maksimal berukuran 25 MB.