Saat sedang membuat video, pastinya kreativitas akan muncul. Salah satu proses edit yang sering dibutuhkan adalah mengganti latar belakang video. Untuk cara ganti background video sendiri bisa dilakukan dengan bantuan berbagai aplikasi.

Bagi yang belum pernah mengganti latar belakang video, maka harus tahu dulu metodenya dengan benar. Pada uraian kali ini, akan ada tiga media bantuan yang akan dimanfaatkan. Untuk mengetahui detailnya, simak uraian di bagian bawah ini:

Mengganti Latar Belakang Video di Filmora

Media pertama yang bisa dimanfaatkan adalah aplikasi Filmora. Sebenarnya, Filmora tersedia dalam bentuk aplikasi untuk ponsel dan software untuk PC. Jadi aplikasi ini bisa dimanfaatkan untuk berbagai perangkat berbeda yang mumpuni.

Dengan menggunakan aplikasi ini, cara ganti background video bisa dilakukan dengan proses yang mudah dan sederhana. Ada beberapa langkah sistematis untuk melakukannya. Penasaran bagaimana caranya? Simak uraian yang ada di bawah ini:

  • Pertama, lakukan proses pengunduhan aplikasi Filmora di perangkat yang akan dipakai. Untuk proses ini, pastikan koneksi internet sudah stabil dan memadai.
  • Setelah proses pengunduhan dan pemasangan selesai, maka langsung buka aplikasinya dan lihat menu yang berjajar.
  • Pilih menu “File” yang ada di jajaran menu dan pencet opsi “Import”. Tombol ini berfungsi untuk memasukkan file video yang akan diganti latar belakangnya.
  • Setelah itu, masukkan video ke dalam timeline dan pencet tombol “Advanced Edit”.
  • Lanjutkan proses dengan masuk ke bagian “Effect” dan “Clip Transparent.
  • Untuk mulai mengganti latar belakang, atur intensitasnya sampai ke angka 100 persen. Kemudian tambahkan latar belakang yang sesuai dengan keinginan.
  • Jika proses editing sudah selesai, maka simpan hasil dengan memencet tombol “Export Video”.

Serangkaian proses mengganti latar belakang di atas tentunya bisa langsung diikuti dengan baik sesuai urutan. Agar tidak ada proses yang terhambat, pastikan juga jaringan internet stabil agar hasilnya bisa disimpan dengan baik tanpa ada yang rusak.

Mengganti Latar Belakang Video di Unscreen.com

Selain menggunakan Filmora, cara ganti background video juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan situs Unscreen.com. Media ini bisa dimanfaatkan jika tidak ingin melakukan proses pengunduhan aplikasi yang akan memberatkan perangkat.

Untuk memanfaatkan situs ini, maka diperlukan jaringan internet yang stabil agar proses penggantian latar belakang bisa dilakukan. Jika jaringan internet tidak tersedia, maka prosesnya tidak akan bisa dilakukan. Berikut urutan langkahnya:

  • Untuk memulai proses, segera masuk ke halaman https://unscreen.com.
  • Jika sudah masuk ke halaman tersebut, lihat halaman utama dan temukan menu “Upload Clip”. Menu ini berguna untuk memasukkan video yang akan diganti latar belakangnya.
  • Setelah video terunggah, maka klik bagian yang ingin diganti. Nantinya, pada halaman unscreen akan muncul beberapa pilihan yang bisa dimanfaatkan.
  • Pilih saja salah satu latar belakang yang ada atau pakai yang tersimpan di perangkat. Jika tidak ingin memakai latar belakang apapun, maka pilih opsi “Transparant”.
  • Setelah proses edit selesai, kemudian simpan hasilnya dengan memencet tombol “Download”. Nantinya hasil video tersimpan dalam perangkat secara otomatis.

Jika dilihat secara keseluruhan, proses yang menggunakan situs bantuan ini juga tergolong mudah. Urutan langkahnya juga sistematis dan tidak akan membuat kebingungan. Proses ini juga terbantu dengan halaman menu sederhana yang mudah dimanfaatkan.

Jadi bagi golongan yang tidak suka mengunduh aplikasi dan hanya akan melakukan ganti latar belakang video satu kali, maka bisa memanfaatkan media ini. Prosesnya mudah dan tidak ada yang menyulitkan.

Mengganti Latar Belakang Video di Power Director

Satu lagi media yang bisa dimanfaatkan untuk mengaplikasikan cara ganti background video adalah Power Director. Bagi yang masih awam dalam melakukan proses editing video, maka aplikasi ini akan sangat membantu.

Hal tersebut dikarenakan semua menu dan halaman utama aplikasi sudah sangat jelas dan tidak sulit untuk dimanfaatkan. Penasaran bagaimana proses mengganti latar belakangnya? Simak uraian yang ada di bawah ini secara mendetail:

  • Seperti proses penggunaan aplikasi lainnya, pertama pastikan untuk mengunduh aplikasi Power Director dan pasang di perangkat yang akan dipakai.
  • Setelah itu, masuk ke halaman utamanya dan pencet tombol “Buat Proyek Baru”.
  • Jika muncul kontak baru, pilih video yang ingin diedit dan masukkan video tersebut di dalam Power Director.
  • Agar video masuk ke halaman timeline, pencet tombol dengan logo clip video.
  • Lanjutkan proses dengan mengatur intensitas transparansi sampai latar belakang tidak terlihat. Jika ingin mengganti dengan yang lain, maka ganti latar belakang sesuai dengan pilihan.
  • Apabila proses editing selesai, maka simpan video dengan memencet tombol “Export” agar video tersimpan dalam perangkat.

Daftar cara ganti background video di atas tentunya bisa dijadikan acuan untuk prosesnya. Karena ada tiga media berbeda yang bisa dimanfaatkan, maka langsung saja pilih yang paling sesuai dengan aspek kebutuhan.