Salah satu permasalahan penggunaan WiFi yang kerap terjadi adalah pemblokiran pengguna. Bagi yang mengalami kendala ini, maka bisa segera melakukan pembukaan blokiran dengan metode khusus. Cara membuka blokiran WiFi bukanlah proses yang rumit dan harus diterapkan ahli.

Pengguna awam pun bisa menyelesaikan permasalahan ini dengan mudah melalui beberapa metode khusus. Pada uraian kali ini, akan diberikan dua metode berbeda yang bisa difungsikan. Untuk lebih jelasnya, simak susunan penjelasan yang ada di bawah ini secara menyeluruh:

Langkah Membuka Blokir dengan Aplikasi Bantuan

Metode pertama yang akan dijabarkan ada bagaimana cara membuka blokiran WiFi dengan bantuan aplikasi khusus. Pada proses kali ini, pengguna bisa memanfaatkan aplikasi yang bernama Engineering Mode. Dengan memanfaatkan aplikasi ini, maka pengguna bisa mengubah Mac Address agar tidak diblokir lagi.

Agar prosesnya berhasil, maka ada beberapa uraian khusus yang bisa difungsikan. Setiap langkahnya tentu sangat penting dan tidak bisa disepelekan. Penasaran bagaimana proses membuka blokirannya? Agar tidak bingung, ikuti panduan berikut ini:

  • Langkah utama yang bisa diaplikasikan adalah melakukan proses pengunduhan aplikasi Engineering Mode di tempat pengunduhan aplikasi resmi. Untuk melakukan proses ini, pastikan jaringan yang terpasang sudah stabil.
  • Apabila sudah selesai diunduh, maka sistem akan memasangnya secara otomatis di perangkat.
  • Kemudian, pengguna bisa langsung masuk ke dalam aplikasinya yang sudah terpasang.
  • Apabila sudah dilihat beberapa menu pilihan, pastikan untuk memilih menu “MTK Setting”.
  • Nantinya, pengguna akan diberikan beberapa opsi pilihan dan harus memilih opsi “Connectivity” dan lanjutkan proses dengan memilih “WiFi”.
  • Setelah itu, pengguna bisa memilih opsi “NVRAM” dan memencet tombol “Byte String Access”.
  • Saat muncul tiga kolom berbeda, maka isikan angka “4” dan angka “6” di kolom pertama dan kedua. Sedangkan untuk kolom ketiga akan berisikan Mac Address asli dari perangkat yang difungsikan.
  • Ganti saja Mac Address tersebut dengan kombinasi yang diinginkan atau yang disesuaikan dengan jaringan yang ada. Jangan lupa untuk menyimpannya.
  • Terakhir, lakukan restart perangkat dan Mac Address akan berubah serta blokiran akan terbuka.

Metode Membuka Blokiran Tanpa Aplikasi

Apabila ingin menerapkan tujuan yang sama namun tidak ingin mengunduh dan memasang aplikasi, maka bisa memfungsikan cara membuka blokiran WiFi tanpa bantuan aplikasi. Proses ini tergolong mudah untuk difungsikan dan diterapkan serta tidak perlu rincian proses yang membingungkan.

Biasanya, penggunaannya adalah untuk membuka blokiran WIFi Indihome yang ada. Proses ini juga hanya bisa diterapkan jika penggunanya tahu sandi dan username dari WIFi tersebut. Untuk mengetahui rincian prosesnya, pahami langkah-langkah berikut ini:

  • Sebagai awalan, pastikan untuk menyambungkan ponsel dengan jaringan WiFi Indihome yang tersedia.
  • Setelah itu, pengguna bisa membuka browser dan masuk ke administrator modem. Untuk masuk ke akun Indihome, pastikan memasukkan username dan sandi yang tepat.
  • Jika sudah masuk ke halaman utama, maka akan ada beberapa menu yang bisa difungsikan. Masuk saja ke menu “Security”.
  • Lanjutkan proses dengan menuju opsi “MAC Filter Configuration”.
  • Nantinya, pengguna akan diarahkan pada daftar pengguna WIFi yang diblokir. Untuk membukanya, pengguna bisa memencet centang dan tombol “Delete”. Setelah itu, pengguna yang diinginkan tidak lagi diblokir.

Urutan proses ini tentunya sudah bisa dijalankan sesuai dengan keinginan. Karena setiap bagiannya sudah dijabarkan secara detail, maka pastikan untuk memahaminya dengan baik. Jangan sampai salah memencet tombol atau melewati poin langkah, karena hal ini bisa memberikan masalah baru.

Mana Metode yang Paling Efektif untuk Dimanfaatkan?

Jika ada yang masih bingung akan memakai metode yang mana, maka harus tahu dulu rincian penjelasan ini. Sebelum menerapkan cara membuka blokiran WiFi, maka pastikan dulu siapa yang akan melakukan proses pembukaan blokir. Aspek ini, tentunya memiliki dua sisi berbeda.

Apabila yang akan membuka blokir adalah pihak yang memegang akses WiFi, maka metode yang kedua bisa langsung dimanfaatkan. Proses ini, tentunya sangat krusial dan sangat penting untuk dipahami. Metode ini pas untuk dijalankan karena sudah memiliki akses sandi dan username.

Kemudian jika pihak yang ingin membuka blokir adalah pihak akun pengguna yang diblokir, maka metode pertama bisa difungsikan atau diterapkan. Hal ini dikarenakan pihak yang diblokir tidak memiliki akses ke dalam WiFi-nya. Oleh sebab itu, prosesnya jauh lebih rumit.

Dengan adanya penjelasan ini, maka sudah bisa dipahami bahwa setiap metode akan pas untuk dijalankan pihak-pihak berbeda. Meski tujuannya sama, namun penjelasan dasar ini tentunya harus dipahami dengan baik agar tidak salah memilih proses yang tepat.

Semua penjelasan tentang cara membuka blokiran WiFi di atas tentunya bisa langsung diterapkan dengan mudah. Metode-metode di atas, akan menuntun pengguna menuju keberhasilan asal semua prosesnya diperhatikan dengan baik. Oleh karenanya, jangan sepelekan satu proses pun.