XLSX adalah salah satu golongan dokumen yang dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Jika ingin membuka file dokumen semacam ini di Android, maka diperlukan aplikasi khusus karena sistem di Android belum memilikinya. Pilihan aplikasi untuk membuka file XLSX di Android saat ini sudah sangat banyak.

Pada uraian kali ini, akan dijabarkan lima aplikasi berbeda yang bisa dimanfaatkan untuk membuka file tersebut. Setiap aplikasi pasti memiliki rincian keunggulan yang berbeda. Penasaran aplikasi apa saja yang bisa difungsikan? Untuk mengetahuinya, simak detail uraian daftar dan penjelasan di bawah ini sampai menyeluruh:

1. XLSX Reader

Aplikasi pertama yang direkomendasikan adalah XLSX Reader. Apero Technologies Group – TrustesApp adalah pihak pengembang dari aplikasi ini. Sedangkan waktu perilisannya adalah pada tanggal 8 Mei 2021. Jika dilihat dari tanggal ini, maka XLSX Reader dikategorikan dalam aplikasi yang masih baru.

Jika pengguna mengunduh aplikasi ini, maka pemanfaatannya hanya khusus untuk membuka file XLSX saja. Sedangkan aplikasi dengan format lainnya tidak bisa dibuka dengan aplikasi ini. Karena penggunaannya sudah khusus untuk file tertentu, maka pengguna tidak perlu bingung saat menggunakannya.

Saat memakai aplikasi ini, pengguna akan langsung diarahkan dalam menu utama yang sangat sederhana. Tujuan dari tampilan yang sederhana ini adalah agar pengguna tidak bingung dalam pemanfaatannya. Untuk memanfaatkan aplikasi ini, pengguna hanya perlu mengosongkan ruang 30 MB saja.

2. Google Spreadsheet

Pilihan aplikasi untuk membuka file XLSX yang kedua adalah Google Spreadsheet. Aplikasi ini sendiri masuk golongan aplikasi yang dikembangkan oleh Google LLC dan sudah dirilis sejak 30 April 2014. Jadi bisa dibilang aplikasi ini masuk golongan yang sudah lama hadir.

Meskipun sudah lama ada, aplikasi ini masih menjadi pilihan banyak pengguna. Hal ini tentunya dikarenakan berbagai alasan yang mendasarinya. Salah satu alasannya adalah pengguna bisa langsung mencadangkannya di Google Drive dan tidak perlu khawatir file hilang.

Proses ini akan sangat mudah diterapkan karena Google Spreadsheet dan Google Drive dikembangkan oleh pihak yang sama. Penggunaannya juga tidak akan membingungkan karena menunya juga sangat jelas. Untuk memakai aplikasi ini, maka pengguna bisa mengosongkan ruang sebesar 26 MB.

3. WPS Office

Rekomendasi lain yang tidak kalah menarik adalah WPS Office. Aplikasi ini sendiri dikembangkan oleh WPS SOFTWARE PTE LTD dan sudah dirilis sejak 21 Juli 2011. Jadi jika dibandingkan dengan dua rekomendasi sebelumnya, aplikasi ini adalah yang paling lama hadir di kalangan pengguna.

Karena sudah lama ada, pengguna golongan aplikasi ini sudah sangat banyak mencapai angka 100 juta pengguna. Jika pengguna memanfaatkan aplikasi ini, maka bukan hanya file XLSX saja yang bisa dibuka. Format file lainnya juga bisa dibuka dengan aplikasi yang satu ini secara menyeluruh. 

Dengan demikian, pengguna tidak perlu mengunduh aplikasi lain untuk membuka berbagai format file. Fungsi yang kompleks ini tentu tidak dihadirkan oleh semua aplikasi. Oleh karenanya, WPS Office bisa dijadikan pilihan utama untuk segera dimanfaatkan dalam perangkat.

4. Pembaca Dokumen

Aplikasi untuk membuka file XLSX lain yang sangat berkualitas adalah aplikasi dengan nama Pembaca Dokumen. United Developers Infotech adalah pihak pengembang dari aplikasi yang satu ini. Sedangkan untuk tanggal perilisannya adalah pada 2 Maret 2020. Jadi aplikasi ini termasuk baru. 

Golongan aplikasi ini juga bisa dimanfaatkan untuk membuka berbagai macam file dokumen. Aksesnya juga mudah, dan koneksinya cepat. Jadi saat akan membuka sebuah file, pengguna tidak perlu bingung atau tidak perlu terlalu lama dalam proses pembukaannya.

Untuk memanfaatkan aplikasi ini, pengguna hanya perlu menyiapkan ruang sebesar 11 MB saja. Jika dibandingkan dengan aplikasi lainnya, maka ukuran ini adalah yang paling kecil. Meski demikian, kualitasnya masih sangat mumpuni dan tidak perlu diragukan lagi keunggulannya.

5. Pembaca File Xlsx

Rekomendasi terakhir yang akan diberikan adalah aplikasi dengan nama Pembaca File Xlsx. Pihak pengembang dari golongan aplikasi ini adalah Technofy Apps. Sejak awal perilisannya pada 7 Maret 2022 sampai sekarang, aplikasi sudah diunduh ribuan kali.

Untuk memanfaatkan aplikasi yang satu ini, maka pengguna hanya harus menyediakan ruang sebesar 18 MB saja. Dengan jumlah yang minim ini, pengguna tidak harus mendapat kualitas yang buruk. Sampai saat ini, Pembaca File Xlsx masih memberikan kualitas terbaik untuk penggunanya.

Aplikasi ini memang khusus untuk membuka golongan file XLSX saja. Sedangkan aplikasi lain tidak bisa dibuka dengan aplikasi yang satu ini. Interface yang ada dalam aplikasinya sendiri sangat mudah untuk dipahami dan tidak membingungkan. Dengan demikian, pengguna awam pun akan lebih mudah memakainya.

Demikianlah daftar aplikasi untuk membuka file XLSX yang bisa segera difungsikan untuk berbagai kebutuhan. Semua aplikasi tersebut bisa dimanfaatkan secara gratis dan mudah. Untuk menemukan yang paling pas dengan keinginan, maka coba saja satu per satu aplikasinya.