Aplikasi penerjemah saat ini sudah sangat banyak jenisnya salah satunya aplikasi pengubah tulisan latin ke arab. Adanya aplikasi pengubah tulisan ini juga akan sangat memudahkan pengguna yang sedang belajar bahasa Arab. Pengguna tidak perlu lagi menggunakan kamus jika ingin membuat tulisan berbahasa Arab.

Penggunaan aplikasi penerjemah akan sangat dibutuhkan ketika seseorang melakukan kunjungan ke negara lain. Salah satunya ketika berkunjung ke Timur tengah yang mayoritas berbahasa Arab untuk keseharian. Dibawah ini adalah beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk menerjemahkan tulisan latin ke Arab:

1. Google Translate

Hampir semua penjelajah internet dipastikan tidak akan asing dengan aplikasi pengubah tulisan latin ke arab yang satu ini. Google Translate sangat terkenal sebagai penerjemah berbagai bahasa di dunia salah satunya Arab. Dengan bantuan aplikasi ini, belajar bahasa termasuk Arab akan menjadi semakin mudah.

Pengoperasian aplikasi Google Translate sebagai pengubah bahasa juga sangatlah mudah. Google Translate bahkan juga membagikan tips mengenai tata cara memahami hingga menulis abjad Arab. Bagi yang tidak ingin mendownload aplikasi, Google Translate juga menyediakan situs yang mudah ditemukan.

2. Yamli Keyboard

Bagi pengguna yang ingin menulis huruf Arab tanpa harus menggunakan keyboard Arab bisa menggunakan aplikasi ini. Yamli sendiri sebenarnya merupakan search engine milik Arab yang sekaligus dilengkapi dengan keyboard Arab. Dibandingkan aplikasi lainnya Yamli Keyboard merupakan yang paling banyak digunakan untuk mengubah tulisan latin ke tulisan Arab.

Aplikasi ini juga cukup canggih karena bisa langsung menerjemahkan dalam bahasa Arab setiap kali mengetikkan kata. Yamli Keyboard juga kompatibel terhadap semua seri windows, hp maupun tablet. Hasil terjemahan juga bisa langsung dicopy ke word atau media sosial.

3. Bing Translator

Aplikasi pengubah tulisan latin ke tulisan Arab selanjutnya yang cukup terkenal yaitu Bing Translator. Bahkan Bing Translator cukup populer di seluruh dunia dan Indonesia termasuk salah satunya. Dikeluarkan oleh Microsoft, Bing Translator memiliki akurasi tinggi dalam menerjemahkan kalimat.

Bing Translator bukan hanya menyediakan pengubah tulisan ke Arab saja, tetapi juga banyak bahasa di dunia. Pengguna cukup mengatur bahasa apa yang diinginkan kemudian tulis kalimat pada kolom yang disediakan. Secara otomatis Bing Translator akan menerjemahkan kalimat tersebut sesuai dengan bahasa yang telah diatur.

4. Yandex Translate

Aplikasi Yandex Translate juga bisa mengubah kalimat latin menjadi Arab walaupun hanya diketahui beberapa kalangan. Meskipun begitu, aplikasi buatan Rusia itu tidak kalah populer dibandingkan dengan Google Translate maupun Bing Translator. Fitur translate khususnya bahkan tidak jauh berbeda dengan dua aplikasi tersebut.

Yandex Translate juga sudah didukung dengan berbagai bahasa dalam penggunaannya. Penggunaannya juga tergolong lebih mudah dibandingkan aplikasi translate yang terkenal lainnya. Tinggal menekan tombol panah dan kemudian goreskan pena membentuk kalimat yang ingin dirubah.

5. Harakat Keyboard

Aplikasi penerjemah Harakat Keyboard merupakan salah satu aplikasi yang cukup mudah dioperasikan. Pengguna juga bisa menggunakan aplikasi ini untuk memperlancar proses belajar menulis Arab lengkap dengan harakatnya. Kini Harakat Keyboard juga sudah tersedia di Playstore.

Penggunaan aplikasi ini sebagai pengubah tulisan juga cukup mudah dilakukan termasuk juga ketika ingin mengcopy. Tinggal ketikan kalimat latin yang ingin diubah di keyboard yang telah tersedia. Selain itu juga ada fitur contoh untuk memudahkan pengguna pemula yang belum terbiasa dengan aplikasi ini.

6. Indonesian-Arabic Translator

Bagi pengguna yang ingin mencari aplikasi pengubah tulisan latin Indonesia ke Arab bisa memakai aplikasi ini. Indonesia-Arabic Translator bisa merubah tulisan latin Indonesia ke huruf Arab dengan mudah. Aplikasi Indonesian-Arabic Translator tersedia gratis di Playstore.

Cara pengoprasiannya juga sangat mudah karena pengguna bisa mengetik langsung atau mengcopy kalimat yang ingin diterjemahkan. Hasil terjemahan bahkan bisa langsung dikirimkan melalui chat. Ukuran yang kecil memungkinkan aplikasi ini tidak memakan banyak ruang ketika dipasang pada Hp.

7. Nulis Arab Pegon

Berbeda dengan keenam aplikasi sebelumnya, Nulis Arab Pegon difokuskan untuk merubah tulisan latin ke Arab gundul. Tulisan Arab gundul atau yang lebih dikenal dengan pegon adalah tulisan Arab tanpa harakat. Kini aplikasi Nulis Arab Pegon sudah bisa didownload melalui Playstore.

Tampilan dari aplikasi Nulis Arab Pegon cukup sederhana dan mudah dipahami oleh pemula. Cara penggunaannya juga sangat mudah, tinggal masukkan tulisan latin yang ingin dirubah ke Arab. Hasil translate juga bisa dicopy dengan menekan tombol Copy Paste di kolom chat.

Banyaknya aplikasi pengubah tulisan latin ke arab semakin memudahkan para pengguna yang belajar bahasa Arab. Aplikasi tersebut juga bisa menjadi panduan jika tengah berkunjung ke negara Arab karena bisa dipasang ke hp. Tinggal unduh dan instal aplikasi yang diinginkan untuk bisa digunakan.