Bagi pengembang sebuah game, terdapat 2 hal yang dibutuhkan yakni aplikasi pembuat game serta keahlian dalam pengcodingan. Keahlian dalam pengcodingan ini menjadi kendala bagi pengembang game yang kurang ahli pada hal tersebut. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu aplikasi pembuat game tanpa coding buat mengatasi permasalahan itu.

Coding atau dikenal dengan bahasa pemrograman berfungsi sebagai penerjemah maksud serta tujuan pengembang game tersebut. Hal ini dibutuhkan agar game yang dibuat dengan aplikasi pembuat game itu dapat berjalan sesuai keinginan pengembangnya. Apalagi tidak begitu banyak aplikasi pembuatannya yang mudah digunakan. Berikut rekomendasi beberapa aplikasi tersebut:

Daftar Aplikasi Pembuat Game Tanpa Coding

1. Gamemaker Studio

Pertama, aplikasi pembuat game tanpa coding yakni gamemaker studio, dimana pembuatan game pada aplikasi tersebut cukup dengan drag serta drop saja. Hal tersebut bertujuan agar mempermudah pengembang game dalam membuat game melalui aplikasi itu.

Di samping itu, pengembang dapat merubah bahasa pemrograman game tersebut dengan bahasa pemrograman lainnya yang mudah dipahami pengembang game tersebut.

Sebab aplikasi tersebut dilengkapi oleh hooks. Sehingga pengembang dapat melakukan pengcodingan. Selain itu, pengembang juga dapat membuat game multiplayer serta menyambungkan SDK eksternal melalui fitur tersebut.

Hasil pembuatan game melalui aplikasi ini dengan versi gratis hanya dapat dipublikasikan pada windows saja. Pada hasil tersebut pula akan memunculkan watermark ketika game dipublikasikan.

Berbeda dengan versi berbayar, hasil pembuatan game oleh pengembang dapat dipublikasikan diantaranya pada HTML5, iOS, serta hp android maupun platform lainnya.

2. BuildBox

Kedua, aplikasi dalam pembuatan game yang tanpa membutuhkan coding yakni buildbox. Pembuatan game melalui aplikasi tersebut dapat menghasilkan tampilan game yang menarik karena aplikasinya mempunyai desain interface begitu intuitif.

Di samping itu juga, aplikasi tersebut memberikan akses galeri kepada pembuatnya. Tujuannya agar pembuat game dapat memilih diantaranya yakni gambar beserta efeknya, musik maupun efek suara buat penunjang pembuatan game tersebut.

Terdapat pula fitur yang disediakan lainnya diantaranya yakni game wizard yang mempermudah pengembang membuat game 2D serta 3D. Brainboxer, buat mempermudah pengembang melakukan drag serta drop terhadap aset game tersebut.

Smart assets, yang merupakan aset penunjang dalam pembuatan game. Serta easy monetization yang mempermudah pengembang dalam melakukan monetisasi terhadap hasil game yang dibuat.

Baca juga: Rekomendasi Aplikasi Edit Filter Video Terbaik

3. GG Maker

Aplikasi selanjutnya yakni gg maker. Gg maker dilengkapi fitur graphically assisted scripting dalam aplikasinya. Melalui fitur ini akan mempermudah pengembang dalam pembuatan game untuk mengerti cara kerja dari coding game itu.

Serta, fitur ini juga mempermudah pengembangnya menggambarkan secara visual dari logika yang pengembang buat memakai bahasa pemograman menjadi diagram alir.

4. GameSalad

Aplikasi lainnya yakni gamesalad. Aplikasi yang satu ini mempunyai banyak atribut dalam pemrograman aplikasinya. Oleh karena itu, pengembang game melalui aplikasi tersebut dapat dengan mudah mengatur perilaku tokoh pada game itu. Sebab, pengaturannya itu cukup dengan cara drag serta drop saja.

Sama seperti aplikasi pembuat game sebelumnya, aplikasi yang ini juga memiliki fitur monetisasi Fitur itu membuat pengembang game dapat meningkatkan pendapatan melalui hasil game yang dibuat serta dari iklan pada aplikasi.

5. Stencyl

Terakhir, ialah stencyl. Sebelumnya, aplikasi tersebut dipakai dalam pembuatan game berbentuk format flash. Namun akibat adanya HTML5 akhirnya game dalam bentuk format flash punah.

Aplikasi tersebut mempunyai kelebihan diantaranya yakni dapat membuat suatu elemen bonus seperti plug-in, in-app purchase, iklan serta leaderboard. Hasil pembuatan gamenya dapat dipublikasikan pada Android maupun iOS.

Selain itu, hasilnya pula dapat dipublikasikan pada desktop dengan spesifikasi yang ringan sebab aplikasi tersebut didukung oleh Adobe Air.

Demikianlah informasi terkait aplikasi pembuat game tanpa coding. Semoga informasi diatas membantu pengembang game yang memiliki kelemahan dalam keahlian pengcodingan agar tetap bisa membuat game yang diinginkan.