Salah satu penyebab PC menjadi lemot saat digunakan adalah karena banyaknya junk file atau sampah yang tersimpan di PC. Biasanya sampah di PC disebabkan oleh cache yang dihasilkan dari browsing internet. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, dapat dilakukan dengan menginstall aplikasi pembersih sampah PC, langsung saja simak daftar aplikasinya dibawah ini:

Daftar Aplikasi Pembersih Sampah PC Terbaik

1. CCleaner

CCleaner adalah aplikasi pembersih sampah PC yang sangat populer dan sudah banyak penggunanya. Tak hanya untuk PC, CCleaner juga merupakan aplikasi menghapus virus untuk android. Selain fitur dalam aplikasi CCleaner yang dapat dikatakan cukup lengkap, user interface nya pun mudah dipahami. Aplikasi ini akan memonitor PC secara rutin, sehingga dapat meningkatkan kinerja PC.

Tidak hanya membersihkan cache saja, file sampah lain seperti registry dan thumbnail juga bisa dibersihkan melalui CCleaner. Pengunduhannya dapat dilakukan di play store maupun website pengunduh aplikasi lain. Untuk penggunaan CCleaner sendiri dapat diakses secara gratis maupun berbayar.

2. Disk Cleanup

Disk Cleanup merupakan aplikasi pembersih PC bawaan windows. Pengguna tidak perlu repot mengunduh aplikasi tersebut, karena bisa langsung diakses di PC. Dengan aplikasi ini, pengguna dapat membersihkan berbagai macam file sampah PC dengan aman.

Aplikasi Disk Cleanup mampu membersihkan file sampah, seperti cache, history file dan log. Tampilan Disk Cleanup pun simpel dan fitur yang ada di dalamnya mudah digunakan. Menariknya, proses cleanernya berjalan relatif singkat, sehingga pengguna tidak perlu buang-buang waktu untuk menunggu proses pembersihan file sampah PC.

3. Storage Sense

Sedang mencari aplikasi pembersih sampah PC tapi malas untuk install aplikasi? Pakai Storage Sense aja. Sama seperti aplikasi Disk Cleanup, Storage Sense juga merupakan aplikasi bawaan yang ada di windows 10. Storage Sense ini cukup efektif dalam melakukan pembersihan sampah yang tersimpan dalam PC.

Fitur didalamnya terdapat opsi yang dapat digunakan untuk menghapus file temporary. Ada fitur clean now juga yang dapat menghapus file dengan cara manual, jadi pengguna tidak perlu takut ada file penting yang ikut terhapus. Pengguna juga dapat melakukan penjadwalan mingguan dan bulanan untuk menghapus file sampah.

4. Total PC Cleaner

Selanjutnya, ada aplikasi Total PC Cleaner, aplikasi ini dapat di unduh melalui Microsoft store. Tampilan aplikasi ini memang terlihat sederhana, tapi kemampuan pembersihan file sampah sangat bisa diandalkan. File cache, system log dan file sampah lainnya dapat dibersihkan dengan mudah menggunakan Total PC Cleaner.

Total PC Cleaner dapat berjalan di PC dengan spesifikasi yang rendah karena ukurannya yang kecil. Dilengkapi juga dengan fitur deep scan yang mampu menemukan file besar yang jarang digunakan kemudian akan dihapus otomatis. Hal ini dapat mengosongkan banyak ruang penyimpanan PC.

5. Razer Cortex

Razer Cortex dapat melakukan scanning otomatis pada PC yang kemudian akan melakukan pengaturan yang akan meningkatkan performa kinerja PC. Banyak gamers yang pembersihan file sampah PC nya menggunakan aplikasi ini. Dalam Razer Cortex ada pembersihan program yang tidak diperlukan saat pengguna sedang bermain game.

Banyak fitur yang ada dalam aplikasi Razer Cortex. Ada fitur screenshot yang bisa digunakan untuk menangkap layar PC. Dilengkapi juga dengan fitur system booster untuk optimasi PC yang dapat meningkatkan performa saat gaming.

Biar PC bisa ngebut lagi, coba pakai aplikasi pembersih sampah PC yang sudah disebutkan di atas. Pastikan cache PC selalu dibersihkan secara rutin, agar kinerja PC tetap terjaga dan tidak lemot saat dioperasikan. Aplikasinya dapat dipilih salah satu saja sesuai dengan kebutuhan PC masing-masing.