Masalah kesehatan mental atau mental health sampai saat ini masih menjadi isu penting di kalangan masyarakat. Munculnya banyak aplikasi konsultasi psikologi gratis menjadi salah satu bukti bahwa kesehatan mental semakin diperhatikan. Aplikasi-aplikasi ini telah membantu banyak orang mengatasi masalah psikologinya.

Melalui aplikasi tersebut, siapa saja bebas berkonsultasi terkait masalah psikologi secara gratis. Berikut adalah beberapa rekomendasi aplikasi yang memfasilitasi konsultasi psikologi gratis dan mudah untuk diakses:

1. Riliv

Pertama ada aplikasi Riliv yang merupakan aplikasi karya anak bangsa dan terbukti telah membantu banyak orang menghadapi masalah psikologi. Aplikasi ini memungkinkan penggunanya untuk berkonsultasi tentang masalah pribadi terkait kondisi mental tanpa perlu merasa ragu atau malu.

Aplikasi ini sudah bekerja sama dengan psikolog profesional maupun mahasiswa dari jurusan psikologi universitas ternama di Indonesia. Sebut saja ada Universitas Indonesia, Universitas Airlangga, juga Universitas Negeri Surabaya.

Melalui aplikasi ini, pengguna bisa bebas mengutarakan isi hatinya. Tak perlu merasa malu apalagi gengsi karena konsultasi dilakukan secara online. Ada dua jenis layanan yang bisa diakses yaitu layanan gratis dan berbayar.

2. OnCom

Berikutnya ada aplikasi OnCom yang juga banyak direkomendasikan untuk konsultasi berbagai masalah, termasuk masalah psikologi. Lewat aplikasi ini pengguna bisa menyampaikan masalah apa saja yang sedang dihadapinya.

OnCom menghadirkan banyak ahli psikologi yang siap melayani konsultasi pengguna. Aplikasi ini mudah diakses dan pilihan topik konsultasinya juga sangat beragam. Siapa saja bisa melakukan konsultasi dengan mudah kapanpun dibutuhkan.

Banyak orang sudah memanfaatkan aplikasi ini untuk berkonsultasi tentang banyak hal. Baik itu masalah keluarga, hukum, juga masalah kesehatan mental. Tersedia banyak mentor dan tenaga ahli yang akan memberikan solusi terbaik atas masalah para penggunanya.

3. SAM

Rekomendasi aplikasi konsultasi psikologi gratis berikutnya adalah SAM. SAM ini merupakan kependekan dari Self-help Anxiety Management. Aplikasi ini dikembangkan di University of West England dan sekarang cukup banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia.

Sesuai namanya, aplikasi ini dikembangkan untuk membantu para penderita gangguan kecemasan atau anxiety. Melalui aplikasi ini, pengguna bisa berkonsultasi dan belajar  mengelola kecemasannya dengan lebih baik.

SAM menerapkan sistem Cloud dimana pengguna bisa berbagi cerita tanpa harus menyebutkan nama. Identitas akan disembunyikan dan pengguna tetap bisa mendapatkan tanggapan langsung dari psikolog. Sangat efektif bagi orang-orang yang malu menghadapi masalah anxiety-nya.

4. Mood Tools

Konsultasi psikologi secara gratis juga bisa dilakukan lewat Mood Tools. Aplikasi ini awalnya dikembangkan untuk membantu para penderita gejala depresi. Lewat aplikasi ini pengguna bisa tahu separah apa gejala depresi yang dialami dan bagaimana solusi tepat untuk mengatasinya.

Aplikasi ini juga akan membantu para pengguna untuk berhati-hati saat mengalami gejala awal depresi agar tidak berkembang. Sesi konsultasi bisa dilakukan tanpa harus menyebutkan nama. Selain itu ada juga fitur Diary dan Kuesioner yang akan membantu mendeteksi suasana hati pengguna.

Melalui Mood Tools ini, pengguna bisa tahu seperti apa kondisi kesehatan mentalnya dengan lebih spesifik. Selain itu pengguna juga bisa mengetahui bagaimana cara agar bisa mengendalikan dirinya dari stres berkepanjangan.

5. What’s Up?

Berikutnya ada aplikasi konsultasi psikologi gratis bernama What’s Up. Bukan merupakan aplikasi asli Indonesia namun layak untuk dicoba khususnya bagi yang ingin mendapatkan solusi masalah psikologi.

Melalui aplikasi ini pengguna bisa membicarakan masalah mental mereka kepada psikolog yang dipercaya. Kerahasiaan data sangat terjamin dan pengguna tidak perlu merasa malu maupun minder karena berkonsultasi masalah mental atau hal lain yang sifatnya sangat pribadi.

Aplikasi ini juga punya interface yang simple sehingga mudah untuk digunakan. Ulasan dari para pengguna lain juga sangat positif dan banyak orang sudah terbantu berkat adanya layanan konsultasi dari aplikasi What’s Up.

6. eCurhat Tempat Curhat Kamu

Konsultasi masalah psikologi juga bisa dilakukan secara gratis melalui aplikasi eCurhat tempat Curhat Kamu. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini akan melayani semua isi curhat atau kebutuhan batin pengguna. Semua masalah terkait keluarga, ekonomi, percintaan, dan lain sebagainya bisa diceritakan lewat aplikasi tersebut.

Aplikasi ini sangat membantu orang-orang yang merasa sesak dengan masalah hidupnya. Tak tahu harus curhat kepada siapa, maka ruang yang diberikan oleh aplikasi ini akan menjadi solusi terbaik. Bisa curhat semua masalah hidup tanpa perlu gengsi.

Banyak sekali kasus stres atau depresi yang dimulai karena memendam masalah sendiri. Tidak ada tempat curhat sampai akhirnya masalah tersebut menjadi beban mental. Aplikasi ini dikembangkan untuk mencegah terjadinya kondisi tersebut karena semua orang berhak bahagia.

Manfaatkan aplikasi konsultasi psikologi gratis ini untuk mencegah gangguan kesehatan mental pada diri sendiri. Jangan menyimpan beban masalah sendiri dan gunakan fasilitas yang disediakan oleh aplikasi-aplikasi tersebut. Pilih mana yang dirasa paling nyaman dan konsultasikan kondisi psikologi segera.