Salah satu tren yang kini tengah populer di TikTok adalah gaya 3D stereoscopic. Dalam gaya ini, foto yang diam dibuat bergerak ke kanan dan ke kiri sehingga terkesan lebih hidup. Untuk mencapai efek kece ini, ada beberapa aplikasi yang dapat membantu mempermak foto sampai tampak memukau. Berikut tiga aplikasi edit foto gerak kanan kiri yang sudah terbukti kualitasnya:

5 Aplikasi Edit Foto Gerak Kanan Kiri

1. Capcut

Aplikasi Capcut terkenal di kalangan TikTokers akibat adanya fitur menggerakkan foto yang menunjang tren 3D stereoscopic. Ada puluhan, bahkan ratusan variasi filter, animasi, dan stiker yang bisa dipakai pada aplikasi Capcut.

Untuk mendapatkan gaya 3D stereoscopic, pertama-tama pilih foto yang ingin diedit. Kemudian, klik ikon gunting di bagian kiri bawah layar bertuliskan “Edit”. Geser toolbar hingga menemukan ikon kubus dengan tulisan “Gaya” di bawahnya. Kemudian, pilih opsi “Perbesaran 3D”.

2. Loopsie

Seperti Capcut, Loopsie juga menjadi andalan untuk membuat foto bergaya 3D stereoscopic. Meski pernah dikomplain akibat kabar suka crash di tengah pemakaian, Loopsie nyatanya masih tetap banyak digunakan oleh para TikTokers.

Di menu utama aplikasi ini, pilih tombol “Create New” di bagian bawah layar. Kemudian, pilih opsi “3D Photo”. Setelah itu, pilih foto dan tunggu sistem memproses foto tersebut sejenak. Hasil video pun dapat diolah lagi dengan aplikasi pengedit video lainnya seperti VN dan Capcut.

3. VHS Cam

VHS Cam adalah satu lagi aplikasi edit foto gerak kanan kiri yang sederhana dan mudah digunakan. Namun, karena hanya eksklusif menyediakan filter, sebelumnya permak dulu foto yang ingin digerakkan di aplikasi pengedit foto lainnya seperti PicsArt.

Buka aplikasi ini dan tekan tombol “Create D3D”. Kemudian, pilih foto yang telah dihias sebelumnya, yang akan secara otomatis digerakkan oleh aplikasi. Tinggal pilih satu di antara puluhan filter pada menu “Hitch”, “Mishap”, atau “Snag”. Akhirnya, setelah memilih filter, tekan tombol “Save” pada bagian kanan atas layar. Aplikasi ini disertai fitur edit filter video yang sangat menarik.

Baca juga: Aplikasi Kamera Selfie yang Dipakai Artis

4. VN VlogNow Video Editor

VN adalah satu lagi aplikasi yang banyak digunakan oleh para TikTok-ers untuk mengatur hasil akhir video. Aplikasi ini sebenarnya tidak dibuat eksklusif untuk memberikan kesan tiga dimensi pada foto. Akan tetapi, rangkaian foto tiga dimensi yang telah dibuat sebelumnya dapat digabungkan di sini.

Bagi yang baru pertama kali mengunduh VN, tekan tombol plus di bagian bawah layar. Setelah itu, tekan tombol bertuliskan “Proyek Baru”. Pilih foto dan video apa saja yang ingin dikompilasi. Para TikTokers biasanya memendekkan durasi setiap foto di awal klip, kemudian baru memasukkan foto bergaya 3D stereoscopic berdurasi 1-2 detik.

5. Motion Still

Aplikasi terakhir pada daftar ini dikembangkan oleh Google. Ukuran penyimpanannya kecil, tetapi aplikasi ini tetap sederhana dan praktis. Motion Still hanya memiliki tiga fungsi sederhana: menambah animasi, memberi efek loop serta fast forward.

Pengguna dapat merekam video bergaya 3D stereoscopic dalam beberapa langkah saja. Pertama, rekam objek sambil menggerakkan ponsel selama beberapa detik. Setelah itu, geser toolbar di bagian bawah layar ke ikon dua anak panah yang saling bertabrakan. Video bergaya 3D stereoscopic ala TikTok jadi tanpa perlu ribet.

Demikian lima rekomendasi aplikasi edit foto gerak kanan kiri yang bisa dicoba. Mungkin para editor video amatir akan kesulitan karena tidak terbiasa dengan aplikasi-aplikasi ini. Namun, dijamin bila aplikasi-aplikasi ini telah mahir dikuasai, hasil video yang akan di-upload juga maksimal. Penggabungan efek tiga dimensi dengan fitur-fitur lainnya pasti akan meninggalkan kesan “wah” bagi setiap yang menontonnya.