Secara umum, untuk mendapat hasil potret yang tegas, objek tidak boleh bergetar dan fokus kamera harus dimantapkan ketika memotret. Meski begitu, terkadang berbagai faktor tetap menyebabkan foto yang dihasilkan blur alias buram, yang lebih parah lagi pecah.

Namun, sekarang ada berbagai aplikasi untuk memperbaiki keadaan foto-foto tersebut. Berikut lima rekomendasi aplikasi edit foto agar tidak pecah yang dijamin kualitasnya:

Rekomendasi Aplikasi Edit Foto agar Tidak Pecah

1. Remini – Photo Enhancer

Sesuai namanya, Remini dapat menjernihkan foto hanya dengan satu sentuhan. Tinggal cari fitur Enhance, maka foto yang buram akan jadi lebih jernih. Namun, Remini memiliki berbagai fitur lain yang tidak kalah berguna.

Remini juga dapat mempertegas tampilan video, menajamkan warna pada foto sehingga tampak bak lukisan, serta mengubah tampilan berwarna menjadi hitam putih.

Sayangnya, mengimbangi kumpulan fiturnya yang banyak, aplikasi ini cukup besar dari segi ukuran penyimpanan. Juga, ada beberapa fitur lanjutan yang hanya bisa diakses bila membayar pro cards.

2. HDR Max – Photo Editor

HDR Max adalah aplikasi edit foto agar tidak pecah yang paling kecil ukuran penyimpanannya daripada aplikasi lain di daftar ini. Di aplikasi ini, yang dapat diatur yaitu tingkat saturasi, kecerahan, hitam-putih, dan masih banyak lagi. Untuk menajamkan foto, cari ikon berbentuk permata di bawah. Setelah itu, geser tombol bulat untuk mengatur tingkat ketajaman (sharpness) yang diinginkan.

Semua fitur yang tersedia di HDR Max sepenuhnya gratis, sehingga tidak ada fitur terkunci yang perlu dibeli. Namun, pengguna boleh membayar versi premium untuk menghilangkan iklan ketika memakai aplikasi.

3. EnhanceFox

Di aplikasi ber-ikon rubah biru ini, foto dapat dijadikan lebih hidup dengan menambahkan animasi lucu. Menerangkan dan menggelapkan foto, menghilangkan objek, memburamkan latar belakang, meluruskan gambar yang miring dapat juga dilakukan di aplikasi ini.

Sayangnya, pemakaian aplikasi secara gratis dibatasi oleh jumlah kredit. Untuk akses tanpa batas, pengguna harus memilih paket berlangganan selama sebulan atau setahun.

4. Glow Enhance – Unblur Photo, AI Colorize

Aplikasi edit foto agar tidak pecah ini dapat mempertegas gambar buram ke definisi tinggi dengan fitur “AI Enhance.” Selain “AI Enhance,” ada beberapa fitur lain yang bisa diuji coba secara gratis. Keampuhan setiap fitur dibuktikan dengan tersedianya galeri berisi berbagai contoh foto yang buram, hitam-putih, ataupun rusak.

Pengguna hanya disediakan lima kredit untuk memakai aplikasi ini secara gratis. Bila jumlah kredit habis, pengguna bisa menonton iklan untuk mendapatkan tambahan kredit secara gratis.

5. Fotogenic

Sesuai namanya, Fotogenic dibuat agar potret terlihat fotogenik, sehingga pas untuk diunggah di media sosial. Fitur-fitur yang ada di aplikasi ini pun tergolong lengkap bagi yang suka berswafoto (selfie). Selain menjernihkan foto dari hasil kamera selfie yang dipakai. Aplikasi ini menyediakan berbagai filter dan fitur, seperti melekukkan tubuh, menghapus jerawat, memutihkan gigi, menambah tato, dan menggelapkan kulit.

Sebetulnya banyak filter dan fitur yang dikunci bila tidak membayar versi premium. Meski begitu, fitur-fitur yang tersedia sangat berguna dalam memperbaiki kualitas foto. Disediakannya penjelasan bagi setiap fitur juga membantu pengguna mengetahui fungsi dari setiap fitur.

Sekian lima rekomendasi aplikasi edit foto agar tidak pecah yang bisa dipakai. Dengan tingkat kejernihan yang maksimal, foto akan terlihat memukau dan makin sempurna. Foto yang tajam ini akan memudahkan pemirsa untuk fokus tanpa terusik akan permukaan yang rabun. Namun, di sisi lain, buramnya foto juga dapat diutak-atik dengan aplikasi-aplikasi diatas untuk menambah nilai estetika.