Beberapa orang memilih untuk membuat desain rumah sendiri sesuai dengan keinginannya. Namun, akan mengeluarkan biaya yang tidak sedikit jika menyewa jasa profesional untuk membantu merancangnya. Solusinya adalah menggunakan aplikasi design interior yang hemat biaya bahkan tidak mengeluarkan biaya sama sekali.

Beragam aplikasi banyak jenisnya yang dilengkapi dengan kelebihan serta kekurangannya. Berikut beberapa aplikasi yang patut pengguna ketahui sebelum membuat rancangan desain interior sendiri: 

1. Room Creator Interior Design

 Rekomendasi aplikasi design interior terbaik yang digunakan untuk merancang rumah bagi pengguna adalah room creator dan interior design. Aplikasi ini menyajikan tampilan berupa grafis 3D yang semakin membuat rancangan rumah terlihat lebih hidup, nyata dan menarik.

Pengguna yang ingin mencoba aplikasi ini bisa menentukan sendiri penataan rumah di berbagai titik interior seperti ruang tamu, gazebo, kamar mandi dan kamar tidur. Cukup hanya melakukan drag and drop jika ingin menambahkan berbagai macam furniture di dalam ruangan. 

Aplikasi ini sangat friendly user, bahkan untuk pengguna pemula sekalipun. Fiturnya lengkap dan tidak memakan ruang penyimpanan yang besar. 

2. Amikasa 

Aplikasi yang satu ini berfungsi untuk merancang, mengatur ulang, dan mendekorasi desain bangunan. Penggunaan merek sungguhan dan terkenal pada item-item dekorasi interior seperti warna cat dinding, furniture, dan lantai adalah fitur yang ditawarkan oleh aplikasi ini. 

Penggunaan aplikasi Amikasa ini sangat mudah dilakukan. Pengguna cukup menggunakan metode seret dan lepas untuk menempatkan objek apa pun di dalam rancangan desain yang dibuat. Selain itu, aplikasi ini juga dilengkapi oleh berbagai jenis tampilan diantaranya 2D, 3D, dan Inside view.

Kelebihan fitur yang dimiliki aplikasi ini adalah Mode Walk-Through yang berfungsi untuk  melakukan perjalanan virtual dari desain ruangan yang dirancang. Pengguna juga bisa membagikan hasil rancangan desain ke siapa saja dalam bentuk gambar atau melalui tautan. Jika pengguna ingin mencoba aplikasi ini pastikan sudah memiliki komputer atau laptop. Aplikasi ini hanya bisa dijalankan melalui media itu saja. 

3. Floor Plan Creator

Jika pengguna mencari aplikasi mendesain rumah dengan tampilan yang detail dan presisi, Floor plan creator bisa jadi pilihan. Aplikasi desain rumah menyajikan tampilan 2D dan 3D serta mempresentasikan sensasi yang nyata bagi penggunanya. 

Aplikasi ini menyediakan fitur keren seperti mendesain rumah  dalam berbagai bentuk hingga jumlah kamar, serta luas bangunan yang bisa dihitung secara otomatis. Selain itu, fitur view yang menyajikan tampilan 3D Tour Mode yang semakin mempermudah pengguna dalam melakukan proses desain, karena dapat melihat dengan mudah tampilan rumah. 

Kelebihan aplikasi ini  adalah pengguna bisa langsung merancang desain tanpa perlu repot-repot mengunduh aplikasinya terlebih dahulu. Ruang penyimpanan media laptop atau komputer pengguna tidak akan habis karena hal itu. 

4. SketchUp

SketchUp merupakan salah satu aplikasi design interior yang banyak digunakan bahkan oleh para desainer rumah profesional. Aplikasi ini memiliki fitur lengkap dan menjadikannya sangat fleksibel untuk digunakan.

Fitur 3D modeling ciptaannya tidak dapat ditemukan dalam software atau aplikasi lain. Bermacam-macam elemen atau plugins furniture hingga dekorasi ada di dalam aplikasi ini. Pengguna bisa mengunduh elemen tersebut di situs SketchUp yang resmi atau beberapa situs lain seperti SOMA. 

Penggunaan aplikasi ini hanya dapat dilakukan melalui komputer atau laptop. Pengguna tidak bisa melakukan edit rancangan melalui ponsel. Namun, hasil rancangan tersebut dapat dilihat melalui aplikasi Mobile SketchUp Viewer yang bisa di unduh melalui handphone .

5. Space Designer

Space Designer adalah aplikasi yang berfungsi untuk menggambar denah mulai dari ruang bawah tanah hingga atap dengan mudah. Fitur aplikasi ini juga lengkap, dimulai dari furniture hingga lebih dari 5000 item bahan yang diperlukan untuk keperluan desain. 

Pengguna yang menggunakan aplikasi ini akan disuguhkan dengan tampilan desain yang terdiri dalam bentuk 2D atau 3D secara langsung. Pengguna tidak perlu mengunduh aplikasinya terlebih dahulu sebelum menggunakannya merupakan kelebihan dari aplikasi ini. 

Fitur lain yang dimiliki oleh Space Designer adalah dapat menelusuri desain denah lantai menggunakan headset VR seluler atau Google Karton. Selain itu, aplikasi ini juga dapat menyambungkan aplikasi Space Designer ke dalam situs web yang pengguna miliki.

6. Planner 5D 

Aplikasi ini membuat tampilan yang sangat menarik dan detail seperti SketchUp yang perlu pengguna coba dalam membuat rancangan rumah. Aplikasi ini menyediakan ragam fitur seperti eksterior maupun interior dalam bentuk tampilan 2D dan 3D.

Beberapa fitur salah satunya yaitu editor membuat pengguna bisa bebas mengedit dan mengkreasikan rancangannya sendiri seperti memasukkan peralatan interior seperti meja, tempat tidur, sofa hingga sampai warna dinding.

Selain itu, aplikasi  ini juga berisi  fitur catalog baik secara online maupun offline yang akan memberikan inspirasi untuk pengguna mencari furniture bagi rancangannya. Fitur ini memudahkan pengguna pemula yang kesulitan menemukan furniture impiannya. 

Itulah beberapa rekomendasi aplikasi design interior terbaik yang digunakan untuk merancang rumah bisa dipilih. Semoga pengguna mendapatkan satu aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan.