Android merupakan sebuah sistem operasi yang diciptakan untuk smartphone. Karena ini open source membuat android sangat fleksibel bahkan rentan terkena malware. Untuk itu diperlukan suatu aplikasi cleaner android terbaik tanpa iklan agar penyimpanan bisa selalu tersedia dan tidak penuh.

1. DU Speed Booster

Sudah jelas dari namanya, aplikasi ini merupakan cleaner yang ditujukan untuk mempercepat kinerja android. Sistem kerjanya adalah aplikasi ini akan mempercepat kinerja smartphone dengan menghapus space ruang yang menumpuk pada memori.

Android yang bisa memakan banyak cache saat digunakan sangat tidak efisien. Maka dari itu cleaner diperlukan agar semua cache itu bisa berkurang secara drastis. Secara otomatis, karena bisa lebih lega penyimpanan, kecepatan android juga bisa meningkat.

Aplikasi cleaner android terbaik tanpa iklan ini bisa jadi solusi terbaik untuk mengatasi HP lemot. Ada juga fitur pembersih berupa shortcut yang bisa diakses hanya dengan menekannya lewat homescreen jadi tidak perlu ribet membuka aplikasi.

2. Google Files

Aplikasi ini adalah resmi buatan google yang biasanya sudah ada untuk perangkat Android versi go. Kenapa dinamakan dengan nama google, karena ini adalah versi langsung dari google yang ditujukan untuk perangkat dengan sistem stock android yang tidak punya aplikasi file lain.

Files dari google ini dibuat ringan tanpa banyak fitur tambahan dan sangat simple untuk digunakan. Maka dari itu Files dari google ini dibuat agar penggunanya bisa menemukan file yang diinginkan dengan cepat dan mudah karena ini sangat ringan digunakan. 

Selain ringan, aplikasi ini juga kaya fitur dan bisa mengelompokkan berbagai file sesuai jenisnya. Aplikasi ini bisa juga membersihkan ruang di smartphone android agar lebih efisien. Bukan cuma di perangkat stock android saja, file go bisa digunakan di perangkat android lain.

3. Phone Booster

Banyak sekali pengguna android yang mengunduh aplikasi ini. Terbukti dari statistik yang diberikan oleh google play store, tercatat ada lebih dari 100 juta orang yang mengunduh aplikasi ini. Tidak main-main rating yang diberikan juga begitu baik di angka 4.7.

Phone booster disukai pengguna karena bisa terbukti dalam membuat kinerja smartphone lebih lancar. Hal ini karena phone booster akan membersihkan banyak hal yang mengganggu kinerja smartphone.

Aplikasi ini juga bisa membebaskan banyak memori yang menumpuk di RAM sehingga ruang lebih lega. Sampah juga akan mudah terhapus dengan cepat dengan satu kali klik saja.

4. CC Cleaner

Aplikasi selanjutnya ini cukup direkomendasikan karena sukses bisa menghilangkan sampah di versi windowsnya. Ingin mengulang kesuksesan yang sama, CC CLeaner juga menyesuaikan dengan hadir dalam versi Android. Cara kerjanya juga hampir mirip membersihkan sampah yang menumpuk.

Alasan aplikasi ini sangat direkomendasikan pada para pengguna android adalah karena kemudahannya untuk digunakan. Aplikasi ini bisa membersihkan android dengan proses yang lebih cepat daripada aplikasi sejenis.

Fiturnya adalah bisa membersihkan banyak jenis file termasuk search history dari browser yang tidak diinginkan. Hasilnya adalah perangkat yang lebih bersih dan optimal karena beban sampah sudah berkurang.

3. Cleaner Bawaan Android

Selain perangkat dengan stock Android, smartphone keluaran brand seperti samsung, oppo, dan xiaomi menggunakan sistem operasi mereka sendiri. Masih berbasis android namun sistem operasi ini bisa dikatakan memiliki kustomisasi lagi di dalamnya sehingga lebih kaya fitur daripada stock android.

Contohnya jika pada Oppo ada color OS yang digunakan pada hampir seluruh perangkat Android Oppo dari yang murah sampai mahal. Dalam Color OS tersebut sudah diberikan banyak sekali fitur termasuk aplikasi bawaan berupa cleaner. 

Samsung dan xiaomi juga menerapkan hal yang sama pada perangkat mereka. Oleh karena itu biasanya para pengguna HP dari brand tersebut tidak mengunduh aplikasi cleaner tambahan. Hal ini karena aplikasi cleaner yang bawaan dari Hp sudah bagus dan bebas dari iklan.

6. Avast Cleanup

Salah satu aplikasi yang namanya terkenal berkat anti virus adalah Avast Cleanup. Dinamakan cleanup karena memang fungsinya adalah untuk membersihkan smartphone android dari berbagai macam hal yang mengganggu optimalisasi perangkat.

Sebut saja yang bisa dihapus semacam cache dan sampah lain yang bisa memperlambat kinerja Android. Selain itu, aplikasi ini juga bisa membersihkan RAM jika dirasa sudah mulai penuh dan membuat sistem menjadi lambat dengan boosternya

7. CleanIt

Ada banyak fitur keren yang dimiliki aplikasi ini seperti pembersih untuk junk files dan cache. Ada juga fitur boost memory yang membuat RAM serasa di boost agar bisa membuka aplikasi dengan cepat.

Celaner ini mampu mempercepat kinerja android dengan serangkaian fiturnya yang mudah digunakan. Storage akan dibersihkan juga dari hal-hal yang tidak penting supaya memori bisa diisi oleh hal lain.

Demikian informasi seputar aplikasi cleaner android terbaik tanpa iklan yang bisa didapatkan dengan mudah. Semua aplikasi diatas yang sudah disebutkan bisa dengan mudah diakses lewat play store oleh berbagai macam perangkat android.