Selain menggunakan kertas, saat ini para guru juga bisa melakukan absensi menggunakan aplikasi absensi siswa online gratis menggunakan smartphone. Ada banyak aplikasi yang akan mempermudah para guru dalam mengabsen siswa. Bahkan beberapa aplikasi juga dilengkapi dengan fitur menarik melengkapi absen.

1. Je clock – Aplikasi Absensi Online

Pada urutan pertama ada aplikasi absensi bernama Je clock yang berbasis GEO tag. Adanya fitur geo taf ini tidak membuat aplikasi hanya sebatas untuk melakukan absensi siswa saja, namun juga lokasi absensi juga akan tercatat pada database. Degan begini tidak ada yang curang dalam hal absensi.

Tak hanya itu saja, selain gratis aplikasi ini juga dilengkapi dengan beberapa fitur lain yang akan membantu proses absensi misalnya, para guru bisa mengatur absensi dengan mendeteksi wajah. Bahkan juga dilengkapi dengan fitur izin bagi yang tengah berhalangan untuk hadir.

2. Edupongo Siswa

Aplikasi absensi siswa menang paling enak kalau disediakan dan dapat digunakan secara gratis, seperti misalnya Edupongo siswa. Edupongo siswa juga menawarkan fitur menarik yang semakin melengkapi fungsi aplikasi. Seperti misalnya fitur yang akan memberitahukan informasi kegiatan siswa dalam masa pembelajaran.

Dalam fitur tersebut, nantinya para guru bisa menyertakan penilaian terhadap siswa yang berhubungan dengan hasil belajar. Bahkan dalam aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur tugas. Dimana nanti para guru bisa menyisipkan beberapa keterangan mengenai tugas pada hari itu.

Sehingga akan lebih memudahkan saat dilakukan pembelajaran secara daring. Untuk mengunduh aplikasi ini pun tidak perlu khawatir kehabisan ruang penyimpanan. Sebab kapasitas pengunduhan aplikasi hanya 4.3 MB dan belum termasuk data di dalamnya, sehingga mungkin nanti akan ada tambahan ukuran.

3. Absensi Siswa

Ada lagi aplikasi absensi siswa online gratis yang bisa pengguna pakai, yakni aplikasi Absensi Siswa. Untuk membantu dalam proses absensi dilengkapi beberapa fitur pendukung. Misalnya adalah setiap absensi yang dilakukan akan masuk database.

Database sendiri nantinya akan dibagi dalam dua kelompok yang nantinya bisa dibedakan menurut sekolah dan dibedakan menurut kelas. Setelah itu setiap kelas akan diberikan diagram pada halaman absensi. Data absensi yang telah masuk ke database, nantinya pengguna juga bisa mengexport.

Export yang dilakukan, nantinya akan berupa dalam file Excel sehingga akan mempermudah saat akan diakses. Ada lagi fungsi lainnya, yakni untuk import data Excel ke dalam aplikasi, sehingga akan memudahkan saat melakukan rekap absen siswa. Tentunya pengguna bisa memakainya gratis.

4. FEdu.IO – Fingerspot Education

Urutan keempat ada aplikasi bernama FEdu.IO – Fingerspot Education yang juga akan membantu para guru untuk melakukan absensi pada siswanya. Bahkan tak hanya untuk melakukan absensi siswa saja. Namun juga beberapa fitur ikut disertakan di dalamnya.

Misalnya adalah fitur yang akan memudahkan para guru untuk memberikan akses materi pelajaran pada siswa. Bahkan aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur manajemen sekolah online. Ukuran download aplikasi ini pun relatif kecil sebab hanya sebesar 29 MB saja.

5. Absenku

Ada lagi aplikasi absensi siswa online gratis yang juga bisa pengguna jadikan sebagai aplikasi pilihan selanjutnya, yakni Absenku. Agar bisa menggunakan aplikasi ini, pihak sekolah harus terlebih dahulu membuat akun. Setelahnya masukkan data siswa agar memudahkan proses absensi.

Ukuran download aplikasi ini pun cukup ringan, sebab hanya sekitar 30 MB saja. Dengan begini meski menggunakan android versi rendah, pengguna masih bisa mengoperasikan dengan baik. Tak hanya itu saja, nantinya pengguna juga akan mudah melakukan absensi.

6. Talenta

Keenam ada aplikasi bernama talenta yang juga akan memudahkan para guru untuk melakukan absensi secara online namun gratis. Aplikasi Talenta sendiri merupakan aplikasi yang dikembangkan langsung oleh mekari. Soal ukuran, pengguna tidak perlu khawatir, sebab ukurannya relatif kecil.

Sebab, ukuran download dari aplikasi ini pun hanya 20 MB saja. Dengan begitu, waktu pengunduhan juga tidak akan begitu lama ketika sinyal tengah stabil. Untuk menggunakan aplikasi ini, maka tentu mengharuskan pengguna dalam keadaan online.

Selain itu, absensi siswa menggunakan aplikasi ini juga akan memperlihatkan hasil yang terstruktur. Penggunaan dari aplikasi ini pun juga relatif mudah. Jadi tak heran, jika bukan hanya di kalangan sekolah saja aplikasi Talenta digunakan, namun juga di lingkungan perusahaan.

7. Hadirr

Terakhir adalah aplikasi bernama Hadirr, nama yang digunakan ini sudah seperti slogan yang biasa diucapkan saat guru melakukan absensi. Begitu juga dengan fungsinya yang memang digunakan untuk melakukan absensi siswa. Ukuran download aplikasi ini pun hanya sekitar 17 MB saja.

Kualitas dari aplikasi ini pun cukup baik, juga mudah untuk digunakan. Namun kebanyakan aplikasi ini digunakan untuk absensi di perusahaan untuk absensi para karyawan. Namun, tak ada salahnya jika digunakan untuk absensi siswa.

Demikian adalah beberapa ulasan mengenai aplikasi absensi siswa online gratis yang bisa dijadikan sebagai referensi. Dengan aplikasi seperti ini pun, para guru juga akan lebih menghemat waktu dalam melakukan absensi. Jadi, tinggal pilih aplikasi mana yang ingin digunakan.