Seiring berjalannya sistem Work From Home, adanya webcam pada laptop dapat digunakan secara optimal. Layanan tersebut dapat mempermudah pengguna untuk melakukan meeting dengan orang lain. Terdapat beberapa aplikasi webcam untuk laptop, yang mempunyai kualitas gambar terbaik untuk mendukung aktivitas tersebut.

Fitur webcam pada laptop ini sangat dibutuhkan, sebab mampu mengambil foto dan merekam video. Layanan tersebut tidak hanya bisa dimanfaatkan untuk meeting, webcam juga akan membantu para content creator. Berikut aplikasi webcam terbaik untuk laptop yang perlu dicoba:

1. Free Screencast

Pilihan aplikasi webcam untuk laptop yang dapat diandalkan yaitu Free Screencast. Aplikasi ini menyediakan fitur untuk merekam video beserta audionya ke dalam beberapa format. Adapun format video yang ada dalam Free Screencast diantaranya AVI, MP4, MKV, dan seterusnya.

Ketika sedang merekam video, pengguna juga dapat mengambil gambar bersamaan dan menyimpannya ke bentuk JPG dan BMP. Dari segi fitur, aplikasi Free Screencast menawarkan fitur yang lengkap. Salah satunya fitur Layar Desktop yang berguna untuk membuat video tutorial.

2. ManyCam

Apabila pengguna mencari aplikasi webcam untuk laptop yang banyak memiliki stiker dan efek, maka dapat mencoba ManyCam. Aplikasi ManyCam menyediakan tool yang berguna untuk menyisipkan stiker pada foto. Pengguna hanya perlu memilih stiker mana yang ingin ditempel.

ManyCam dapat diandalkan dalam pengambilan foto dan video dengan kualitas baik. Adapun beberapa resolusi yang bisa dipilih yaitu 240p, HD, 480p dan Full HD. Jadi pengguna tidak perlu ragu menggunakan ManyCam sebagai aplikasi untuk menghasilkan video yang bagus.

3. YouCam

Aplikasi ini termasuk pilihan terbaik apabila pengguna menginginkan layanan webcam di laptop dengan gambar berkualitas. YouCam sangat tepat digunakan pada sistem operasi Windows. Layanan ini, dilengkapi lebih dari 200 efek yang akan membantu menemukan gambar terbaik.

Dapat dikatakan bahwa YouCam mempunyai fitur yang cukup lengkap untuk memudahkan pengguna. Salah satu fitur paling populer yaitu HDR dan Panorama yang mampu menghasilkan gambar berkualitas. YouCam juga dapat diandalkan untuk melakukan selfie dan merekam video.

4. Camersoft Webcam Capture

Aplikasi webcam memungkinkan pengguna untuk merekam video dengan memanfaatkan bawaan laptop atau kamera eksternal. Video hasil rekaman tersebut akan tersimpan dalam format AVI. Camersoft Webcam Capture juga mampu mengambil gambar dari pemutaran video dengan format BMP.

5. Windows Camera

Meski aplikasi Windows Camera mempunyai tampilan sederhana, namun mempunyai filter yang menarik untuk menghasilkan gambar terbaik. Hasil video dan foto dapat disimpan ke dalam storage laptop dan digunakan sesuai kebutuhan. Aplikasi webcam Windows Camera kompatibel untuk Windows 7 35 bit.

6. Debut Video Capture

Melalui aplikasi Debut Video Capture pengguna bisa merekam layar desktop, kamera eksternal, dan kamera bawaan laptop. Hasilnya bisa disimpan ke berbagai pilihan format file, seperti MP4, WMV, dan AVI. Kelebihannya, aplikasi ini mampu menjadwalkan perekaman video sesuai keinginan.

7. Logitech Capture

Bila pengguna mencari aplikasi webcam untuk laptop yang dapat menunjukkan wajah dan produk sekaligus maka dapat menginstal Logitech Capture. Sebab, aplikasi ini memungkinkan untuk melakukan rekam dari dua webcam sekaligus. Itulah sebabnya, Logitech Capture, bisa dimanfaatkan untuk melakukan review barang.

Logitech Capture kompatibel untuk OS MacOS 10.14 dan Windows 10. Aplikasi ini juga memudahkan pengguna dalam melakukan kustomisasi selayaknya dalam studio perekamanan, seperti tingkat kecerahan, filter, watermark, dan seterusnya. Mode rekam video bisa dibuat dalam bentuk landscape atau potrait sesuai keinginan.

8. WebcamMax

Sebagian pengguna laptop mungkin sudah familiar dengan aplikasi record webcam ini. Kelebihan WebcamMax yaitu menawarkan berbagai pilihan efek yang menarik, sehingga pengguna dapat menghasilkan videografi yang keren. Tentu saja pengguna bebas dalam menyesuaikan efek dengan tema video yang ingin direkam.

WebcamMax bisa dipasang pada sejumlah merk laptop seperti Lenovo, Logitech, ASUS, dan seterusnya. Aplikasi webcam ini, kompatibel untuk perangkat dengan OS berupa Windows 7, 8, 10, Windows Vista, dan XP. Sebelum merecord, pastikan pengguna mencoba salah satu efek yang tersedia.

9. Photo Booth Pro

Untuk menghasilkan kualitas gambar terbaik, pengguna dapat mencoba Photo Booth Pro. Aplikasi webcam ini dilengkapi dengan pilihan filter sekaligus efek mirror yang dapat digunakan secara real time. Di samping itu, Photo Booth Pro juga memiliki efek blur agar pengguna dapat mengekspresikan diri.

Melalui Photo Booth Pro, pengguna bisa memotret gambar yang secara otomatis tersimpan pada storage. Sebelum menginstal Photo Booth Pro, pastikan bahwa laptop menggunakan Windows 10 atau yang lebih tinggi. Supaya Photo Booth Pro bisa terpasang pada perangkat laptop yang dimiliki.

Itulah pilihan aplikasi webcam untuk laptop yang dapat dicoba agar memudahkan berbagai aktivitas. Aplikasi di atas ada yang bisa diunduh secara gratis, ada pula yang tersedia dalam bentuk free trial. Bila tertarik untuk menggunakannya, silahkan menginstal salah satu aplikasi webcam tersebut pada laptop.