Seringkali pengguna HP ingin merubah ukuran atau size foto, untuk keperluan tertentu. Ternyata cara merubah size foto sangatlah praktis, dan tidak akan butuh waktu yang lama. Pilihan caranya bisa menggunakan aplikasi khusus maupun tanpa aplikasi.

Foto berukuran kecil, biasanya dibutuhkan saat pengguna ingin berbagi foto secara online. Bisa juga dibutuhkan saat harus melampirkan file foto untuk keperluan administrasi tertentu. Berikut akan dibahas satu per satu cara merubah size foto dengan mudah pakai HP.

1. Pakai Situs Tiny PNG

Pilihan pertama adalah merubah ukuran foto dengan menggunakan situs Tiny PNG. Situs ini menyediakan fasilitas yang bisa mengoptimalkan ukuran foto sesuai formatnya yaitu JPEG dan PNG. Menariknya lagi, Tiny PNG memungkinkan pengguna langsung merubah ukuran 20 foto sekaligus.

Tiny PNG sangat mudah untuk diakses, dan fiturnya pun mudah digunakan. Langsung saja masuk ke laman website-nya kemudian unggah foto yang akan diubah atau dikompres. Setelah itu, tunggu hasil foto yang sudah diubah ukurannya dan unduh ke perangkat.

2. Pakai IMG2GO

Pilihan berikutnya, silahkan akses situs IMG2GO yang juga punya fungsi sama yaitu merubah ukuran foto. Situs ini, juga sangat mudah digunakan dan terbilang aman. Cara pemakaiannya pun sama, tinggal masuk ke situs tersebut lalu unggah foto yang akan dikompres.

Melalui situs ini, pengguna bisa mengulang proses kompres sampai keluar hasil yang diinginkan. Jadi sudah ada opsi untuk merubah ukuran foto lagi, jika memang hasilnya belum tepat.

3. Manfaatkan Aplikasi Photo Compress & Resize

Jika tidak mau ribet mengakses situs untuk merubah ukuran foto, maka unduh saja aplikasi Photo Compress & Resize. Aplikasi ini, menghadirkan fitur yang akan mempermudah pengguna untuk merubah ukuran foto secara praktis dan cepat.

Ukuran foto yang dikompres bisa sampai 200 kb atau lebih kecil lagi. Pertama-tama silahkan unduh dulu aplikasinya dan pasang di perangkat smartphone. Setelah itu, gunakan aplikasi tersebut untuk membuka foto dan lakukan perubahan ukuran sesuai kebutuhan.

4. Ubah Pakai Photo & Picture Resizer

Pilihan cara merubah size foto berikutnya, adalah dengan memakai Photo & Picture Resizer. Ini merupakan aplikasi yang juga bisa dipasang di perangkat smartphone. Sangat praktis digunakan dan efektif merubah ukuran foto tanpa mengurangi kualitasnya.

Aplikasi ini, sudah menyediakan beberapa pilihan size foto yang bisa langsung diklik oleh pengguna. Namun, pengguna juga bisa mengatur sendiri ukuran foto sesuai keinginan. Sangat mudah dipakai dan prosesnya tidak lama.

5. Gunakan QReduce Lite

Ada juga aplikasi bernama QReduce Lite yang bisa membantu pengguna mengecilkan ukuran foto tanpa ribet. Aplikasi ini kompatibel untuk mengubah foto dalam berbagai format baik PNG, JPEG, maupun JPG.

Cara penggunaannya hampir sama seperti aplikasi-aplikasi sebelumnya. Cukup dengan membuka aplikasi, lalu mengunggah foto yang akan diubah ukurannya. Pilih ukuran yang diinginkan lalu tunggu sampai proses selesai.

6. Ubah Lewat Situs Toolur

Merubah ukuran foto juga bisa dilakukan lewat situs Toolur. Situs ini banyak difavoritkan karena desain interface-nya sangat simple dan mudah diakses. Pengguna bisa dengan mudah merubah ukuran foto untuk menghemat kapasitas memori di smartphone.

Melalui situs ini, pengguna bisa mengatur tingkat kompresi dan dimensi foto. Selain itu pengguna juga bisa mengubah format foto dari PNG ke JPG. Bahkan pengguna juga bisa membuat GIF dari foto-foto yang diunggah.

7. Pakai Image Optimizer

Situs lain yang bisa digunakan untuk mengubah size foto dengan mudah, adalah Image Optimizer. Situs ini, juga tak kalah mudah untuk diakses dan hasilnya pun sangat memuaskan. Selain bisa memperkecil ukuran, image optimizer juga bisa memperbesar dan mengoptimalkan kualitas foto. 

Cara merubah size foto lewat situs Image Optimizer ini sangat mudah. Tinggal upload foto mana yang ingin diubah, lalu atur ukuran yang diinginkan di menu Optimization kemudian klik Optimize Now jika sudah yakin pengaturannya benar. 

Prosesnya tidak berjalan lama asalkan koneksi internet lancar. Setelah hasil foto keluar bisa langsung diunduh dan disimpan di perangkat. Tidak ada batas jumlah foto yang bisa diubah ukurannya dan dapat diakses secara gratis. 

8. Ganti Ukuran di ResizeImage.net

Rekomendasi lain yang tidak kalah mudah untuk dipakai adalah ResizeImage.net. Situs ini memiliki desain interface yang hampir sama dengan Toolur.  Sangat simple dan fitur-fiturnya mudah sekali untuk dipahami.

Lewat situs ini, pengguna juga bisa melakukan editing ringan seperti mengubah warna background dan melakukan crop foto. Selain itu, pengguna juga bisa dengan mudah melakukan optimasi kualitas foto. 

Mana cara merubah size foto yang dirasa paling mudah? Coba saja satu per satu dan temukan cara yang paling praktis untuk merubah ukuran foto sesuai kebutuhan. Dengan adanya berbagai cara tersebut, dapat mempermudah pengguna dalam merubah size foto yang diinginkan.