Mind mapping adalah pemetaan pikiran yang diwujudkan dalam bentuk diagram dan ditampilkan sebagai informasi visual. Keberadaan aplikasi mind mapping online, kini mempermudah penggunanya dalam mendapatkan ide yang kreatif. Menggunakan aplikasi mind mapping pengguna bisa menyempurnakan berbagai rencana.

Mulai dari rencana bisnis, brainstorming ide, mempelajari sesuatu dan lainnya. Jika dulu membuat mind mapping menggunakan kertas dan pena berwarna, kini pengguna bisa menggunakan aplikasi online. Berikut sejumlah aplikasi yang direkomendasikan untuk membuat mind mapping:

Aplikasi untuk Membuat Mind Mapping

Ada banyak sekali tersedia aplikasi untuk membuat mind mapping. Aplikasi mind map ini dapat diakses secara online dengan segudang fitur yang unggul. Berikut rekomendasi aplikasi yang bisa digunakan saat ingin membuat mind mapping:

1. MindMeister

Dengan aplikasi MindMeister ini pengguna bisa mencari, mengembangkan serta berbagi ide secara visual. Aplikasi ini sudah digunakan oleh 13 juta orang lebih. Entah digunakan untuk brainstorming, membuat rencana mingguan kantor, sekolah maupun kara kreatif yang lain.

Yang menarik dari MindMeister adalah adanya fitur untuk berbagai hasil ide tersebut ke orang lain. Selain itu, ada juga fitur obrolan dan komentar yang membuat pengguna bisa berbagi ide dengan yang lainnya.

2. Ayoa

Aplikasi mind mapping online yang tidak kalah menarik adalah Ayoa. Diciptakan oleh Chris Griffiths selaku pakar mind mapping dunia tentunya menjadikan aplikasi ini tidak perlu diragukan lagi. Ayoa mengklaim jika aplikasi ini memperkenalkan masa depan melalui mind mapping.

Berbagai ide bisa dituliskan oleh pengguna secara langsung dan dapat dikelola dari awal hingga akhir. Berbagai fitur menarik juga tersedia dalam aplikasi Ayoa. Mulai dari pemilihan format, warna hingga font.

3. GitMind

Berikutnya adalah GitMind yang merupakan alat mind map online yang bisa diakses secara gratis. Dengan GitMind pengguna bisa memvisualisasikan konsep yang rumit, membuat daftar prioritas tugas, menghasilkan berbagai ide baru hingga mempersiapkan presentasi.

Pengguna bisa mengunduh mind map di aplikasi ini dengan berbagai format, seperti teks, PNG, PDF, JPG maupun SVG. Adapun cara menggunakan aplikasi juga terbilang mudah, yakni hanya perlu mengetikkan nama topik kemudian mengetik teks, membuat cabang pembantu dan garis Relation.

4. MURAL

Aplikasi MURAL merupakan ruang kerja digital terkemuka yang efektif dalam mendorong kolaborasi visual di perusahaan. Aplikasi mind mapping online ini banyak digunakan oleh perusahaan untuk keperluan problem solving maupun pengambilan keputusan berdasarkan metode visual.

MURAL tidak hanya sekedar digunakan sebagai whiteboarding online saja, melainkan juga memungkinkan untuk membuat inovasi dalam skala yang besar. Sebab di dalam aplikasi ini sudah tersedia berbagai tool perencanaan produk hingga proyek lainnya. Tentunya dengan memanfaatkan metodologi penciptaan mind map yang mumpuni.

5. XMind

Selanjutnya adalah aplikasi XMind yang bisa digunakan untuk mind mapping serta brainstorming. Aplikasi yang dilengkapi dengan berbagai fitur ini dibuat untuk memudahkan seseorang dalam menuliskan ide maupun mengasah kreatifitas. Dengan aplikasi ini, pengguna bisa menjadi lebih produktif.

XMind menawarkan desain chart seperti Fishbone Chart, Timeline, Matrix hingga Organizational Chart. Inilah yang membedakan aplikasi XMind dengan aplikasi mind mapping lainnya. Dengan aplikasi ini, pengguna juga bisa menganalisa dan melihat kronologi terkait penyampaian ide yang ada.

6. Coggle

Selanjutnya adalah Coogle yang bisa digunakan untuk membuat serta berbagi mind map maupun flowchart. Coggle memungkinkan pengguna untuk berkolaborasi dengan orang lain dalam membuat catatan, rencana penyelesaian suatu tugas, proyek hingga brainstorming.

Pengguna bisa menikmati layanan diagram privat, unggah gambar tanpa batas hingga kolaborasi langsung. Menariknya, semua layanan yang tersedia bisa diakses secara gratis. Mind map yang sudah jadi, bisa diunduh dalam format PDF, TXT hingga JPG.

Keuntungan Membuat Mind Mapping

Jika dibandingkan dengan catatan yang monoton di buku, maupun brainstorming ide menggunakan poin tertentu. Aplikasi mind mapping online ini misalnya, tentu memiliki banyak kelebihan. Berikut ini beberapa keunggulan ketika membuat mind mapping:

  • Memiliki struktur yang menarik serta berhubungan langsung dengan cara otak dalam mengambil sebuah informasi.
  • Dapat menyampaikan hubungan terkait ide dari setiap individu, bahkan memungkinkan untuk melihat gambaran besar dari ide tersebut.
  • Mind map menggunakan pemicu mental seperti warna, gambar serta koneksi. Sehingga bisa membantu otak untuk menghafal sesuatu lebih mudah.
  • Dengan aplikasi mind map, pengguna tidak merasa sedang mencatat melainkan tengah menggambar atau mencoret buku namun untuk hal positif.
  • Digunakan untuk mengubah catatan materi yang dirasa sangat monoton, seperti catatan kuliah, sekolah, pekerjaan dan lainnya. Kemudian diubah menjadi diagram yang penuh dengan warna serta visual dengan menyesuaikan selera masing-masing.

Itulah rekomendasi aplikasi mind mapping online yang akan membuat siapa saja mengeluarkan ide kreatifnya. Semua aplikasi ini bisa digunakan dalam berbagai kebutuhan brainstorming maupun project management. Gunakan aplikasi ini untuk menyalurkan berbagai ide cerdas dari berbagai topik.