Game memang berfungsi sebagai media hiburan untuk menyalurkan kesenangan. Namun bukan hanya untuk kesenangan, saat ini sudah ada juga game yang bisa melatih fungsi otak agar semakin baik. Golongan game untuk mengasah otak ini tentunya harus dipahami agar bisa segera dimainkan.

Sebagai rekomendasi pilihan, maka akan diberikan lima golongan game yang bisa dipilih. Setiap game akan dijelaskan lengkap dengan uraian dan karakteristik dasarnya. Penasaran dengan segala penjelasan yang ada? Simak dan pahami detail berikut ini untuk mengetahuinya:

1. Brain Out

Pilihan game pertama yang bisa dimanfaatkan adalah Brain Out. Game ini dikembangkan oleh Focus Apps. Sejak awal perilisannya pada 17 September 2019 sampai sekarang, game ini sudah diunduh 100 juta kali. Fakta ini menunjukkan bahwa game ini sangatlah populer dan dipilih banyak pihak.

Konsep utama dalam game ini adalah penyelesaian misi. Nantinya, pengguna akan diberikan misi di setiap level. Apabila berhasil menyelesaikan satu misi, maka level selanjutnya akan terbuka. Agar semakin menarik, pengembang juga sudah memberikan grafis dan karakter yang menarik.

Meski sangat berkualitas, game ini bisa dimainkan secara gratis. Jadi, pengguna tidak perlu mengeluarkan biaya sedikitpun untuk bisa memainkannya. Bahkan, ukuran gamenya sendiri tidak terlalu besar yaitu hanya sekitar 93 MB saja.

Dengan ukuran tersebut, maka perangkat yang dipakai pengguna tidak akan terlalu terbebani. Semua layanannya juga bisa didapat secara komplit dan kompleks. Jadi, pengguna bisa langsung mengasah otak dengan mudah dan murah di golongan waktu yang bersamaan.

2. Case Hunter

Focus Apps juga sudah meluncurkan game asah otak lainnya yang bernama Case Hunter. Game ini sendiri sudah diluncurkan pada 29 Juli 2021. Sejak awal perilisannya sampai sekarang, jumlah unduhan dalam game ini sudah mencapai angka 10 juta unduhan lebih.

Uniknya, game ini mengusung tema penyelesaian kasus yang misterius. Pengguna game harus menyelesaikan kasus yang sedang terjadi agar bisa berlanjut pada proses penyelesaian kasus lainnya. Jika ingin memainkan game ini, maka pengguna harus mengosongkan ruang sebesar 129 MB.

Game ini juga sangat cocok untuk dimainkan oleh golongan anak-anak. Hal ini, dikarenakan golongan karakternya sangat menarik dan lucu. Warna-warna yang dipakai juga tidak monoton, sehingga bisa menarik perhatian pengguna. Oleh karena itu, game ini sangat diperhitungkan untuk dimainkan banyak pihak.

3. Lumosity

Game untuk mengasah otak ketiga yang masuk jajaran rekomendasi adalah Lumosity. Pihak pengembang dari game ini adalah Lumos Labs, Inc. Sedangkan untuk perilisannya sendiri, sudah dilakukan sejak tanggal 8 Juni 2014. Hal ini menunjukkan bahwa Lumosity termasuk game lama.

Meski demikian, game ini terus berkembang dan terus memberikan inovasi terbaru untuk mengasah kemampuan pengguna. Uniknya, semua program asah otak yang tersedia di dalamnya adalah program yang dikembangkan oleh ilmuwan. Jadi, pastikan untuk mencoba gamenya agar otak bisa berkembang.

Sejak awal perilisannya sampai sekarang, game ini sudah diunduh sebanyak nominal 10 juta kali dan kemungkinan akan terus bertambah. Hal ini, dikarenakan banyak pihak yang akhirnya tertarik untuk memainkannya karena konsepnya yang terus dikembangkan.

4. Tricky Test 2

Pilihan game lain yang tidak kalah menarik adalah Tricky Test 2 yang dikembangkan oleh pihak Orangenose Studio. Game ini sudah diunduh sebanyak 10 juta unduhan sejak awal perilisannya pada 11 Agustus 2016. Banyaknya jumlah unduhan ini dikarenakan kualitas gamenya yang mumpuni.

Dengan memainkan game ini, maka pengguna bisa tahu berapa jumlah IQ yang dimilikinya. Pilihan permainannya juga sangat menarik sehingga bisa menyenangkan sekaligus memberi pelatihan pada otak. Oleh sebab itu, banyak yang memainkan game ini hingga ratingnya juga tinggi.

Misi-misi yang ada dalam susunan game ini juga tergolong banyak dan variatif. Jadi, pengguna tidak akan pernah merasa bosan selama permainannya berlangsung. Ukuran gamenya juga sangat ringan yaitu sekitar 48 MB, sehingga tidak akan memberatkan perangkat yang dipakai.

5. Braindom 3

Rekomendasi game untuk mengasah otak terakhir yang sangat sayang untuk dilewatkan adalah Braindom 3. Game ini sendiri dikembangkan oleh Matching Ham Games dan sudah diluncurkan sejak 18 November 2021. Jumlah unduhan untuk game ini juga sangat banyak dengan ulasan yang sangat memuaskan.

Saat memainkan game ini, pengguna akan diberikan beberapa kasus pilihan yang harus diselesaikan. Setiap jawaban akan dinilai dan akan menentukan keberhasilan penyelesaian misi. Oleh sebab itu, pengguna harus mempertimbangkan jawaban dengan baik agar bisa lanjut ke level selanjutnya.

Uniknya, game ini bisa dimainkan secara offline meski jumlah layanannya sangat banyak. Jadi, pengguna tidak perlu takut kualitasnya berkurang saat dimainkan offline. Untuk memainkan game ini, maka pengguna bisa menyediakan ruang sebesar 160 MB.

Demikianlah beberapa game untuk mengasah otak yang bisa segera dimainkan. Setiap game pastinya memiliki standar masing-masing dalam proses permainannya. Namun jika dimanfaatkan secara berkelanjutan, maka game di atas bisa melatih otak untuk terus berkembang.