Laptop adalah golongan alat elektronik yang sering bermasalah jika sudah terlalu lama difungsikan. Salah satu permasalahan yang sering terjadi adalah layar laptop hitam meski sistemnya berjalan. Jika sering mengalami kendala ini, maka harus tahu cara memperbaiki laptop layar hitam yang tepat.

Proses penyelesaian kendala ini tidak harus langsung ganti layar. Ada beberapa solusi mudah dan paling mendasar yang bisa diterapkan sebelum pergi ke tempat servis. Untuk mengetahui bagaimana cara memperbaikinya, simak detail rincian berikut ini:

1. Reset Windows

Metode pertama yang bisa diterapkan adalah dengan mereset Windows. Saat layar laptop menjadi hitam, salah satu penyebabnya adalah karena sistem Windows-nya yang bermasalah. Oleh sebab itu, proses reset sangat diperlukan agar sistem Windows bisa kembali normal sesuai dengan langkah berikut:

  • Untuk proses awal ini, maka pengguna bisa masuk ke menu pengaturan di laptop.
  • Kemudian, masuk ke menu “Update & Recovery” yang ada di dalamnya. Karena susunannya banyak, maka pastikan untuk membaca dengan teliti satu per satu.
  • Saat sudah masuk ke halaman baru, maka bisa memencet opsi “Recovery”.
  • Terakhir, pilih opsi “Reset This PC”. 

Melalui rincian proses di atas, maka sistem Windows bisa kembali normal dan tidak akan bermasalah. Dengan demikian, layar hitam di laptop tidak akan kembali terjadi dan permasalahan ini bisa diselesaikan dengan baik. Agar tidak ada kesalahan, maka fungsikan setiap uraian prosesnya.

2. Uninstall Anti Virus

Selain dengan melakukan reset Windows, proses lain yang bisa diterapkan adalah dengan meng-uninstall anti virus yang terpasang di laptop. Adanya anti virus memang bisa membersihkan virus yang tidak sengaja masuk ke dalam laptop dan sistem.

Namun sebenarnya, pemanfaatan anti virus juga menjadi penyebab layar laptop sering hitam sendiri. Hal ini bisa terjadi karena adanya ketidaksesuaian antara sistem di laptop dengan sistem di aplikasinya. Akhirnya, laptop menjadi tidak kuat dan layarnya akan hitam.

Oleh sebab itu, anti virus ini akan lebih baik jika di-uninstall. Sedangkan untuk menggantinya, bisa dengan memakai anti virus default dari laptop dan Windows. Proses ini tergolong simpel dan sederhana. Namun jika diterapkan, maka keuntungan yang besar akan didapatkan oleh pengguna.

3. Bersihkan Laptop

Cara memperbaiki laptop layar hitam selanjutnya adalah dengan membersihkan laptop. Sering memakai laptop tanpa membersihkannya tentu akan memberikan dampak yang sangat krusial untuk laptop. Hal ini bisa menyebabkan laptop hitam saat aktif dipakai.

Oleh karenanya, proses pembersihan wajib dilakukan secara berkala. Jika ingin melakukannya sendiri, maka bisa dibersihkan dengan memanfaatkan kuas atau cotton bun. Proses ini tentunya tidak bisa membersihkan segala sisi dengan baik karena akan terhambat dengan pemasangan perangkat.

Namun jika ingin bersih secara berkala, maka bisa dengan memakai layanan pembersihan laptop. Saat ini sudah ada banyak layanan serupa yang bisa dimanfaatkan. Pakai saja salah satu layanan yang ada, maka nantinya laptop akan dibersihkan sampai ke bagian terdalamnya.

4. Install Ulang Laptop

Golongan metode lain yang termasuk efektif adalah dengan melakukan install ulang laptop. Proses ini, akan sangat pas untuk diterapkan apabila sistem Windows sudah tidak bisa direset dan layar hitam terus muncul. Proses install ulang laptop ini sebenarnya tidak terlalu sulit.

Pengguna bisa melihat proses install ulang di berbagai situs penyedia caranya. Ikuti saja panduan yang ada sampai proses install bisa diselesaikan. Namun jika takut untuk melakukannya sendiri, maka bisa membawanya kepada ahli install ulang.

Biasanya, proses install ulang sistem Windows ini akan langsung membuahkan hasil. Hal ini dikarenakan sistem akan melakukan perubahan sedemikian rupa dan mengembalikan aturan sistem ke bentuk awal. Jadi, layar hitam bisa diatasi dengan mudah dan cepat.

5. Ganti Layar Laptop

Apabila semua metode di atas tidak bisa memberikan hasil yang baik, maka pengguna bisa memanfaatkan cara memperbaiki laptop layar hitam yang terakhir. Pengguna harus segera membawa laptop ke tempat servis. Tujuannya sendiri adalah untuk melakukan penggantian layar laptop.

Metode ini tentunya bisa dijadikan opsi terakhir dari semua pilihan solusi yang ada. Biasanya, ada beberapa kasus dimana layar memang sudah bermasalah dan tidak bisa dibetulkan dengan proses-proses sederhana. Langkah paling optimal adalah dengan menggantinya.

Namun untuk mengganti layar ini, pastikan untuk mendatangi tenaga ahli langsung. Apabila tidak memiliki kemampuan untuk mengganti dan hanya mengandalkan video tutorial saja, maka bisa jadi laptop akan semakin rusak. Oleh sebab itu, proses ini penting untuk diperhatikan.

Demikianlah beberapa cara memperbaiki laptop layar hitam yang bisa difungsikan dengan mudah. Jadi jika mengalami kendala seperti ini, maka pastikan untuk menyelesaikan secara terstruktur dari proses termudah. Lalu jika belum membuahkan hasil, maka bisa menerapkan metode kelima.