Bagi pengguna Apple, keberadaan iCloud sangatlah penting sebab aplikasi ini menyimpan seluruh data yang terdapat di perangkat. Lantas, bagaimana jika pengguna lupa kata sandi serta email akun? Cara membuka iCloud yang lupa password dan email bisa melalui beberapa metode.

Walaupun begitu, proses mengembalikan iCloud ini terbilang cukup merepotkan. Sehingga usahakan untuk tidak melupakan hal-hal untuk membuka iCloud. Namun jika memang hal tersebut sudah terjadi, pengguna Apple bisa melakukan berbagai alternatif berikut ini:

Cara Mengatasi iCloud yang Lupa Password dan Email

Peran iCloud untuk perangkat Apple sangatlah penting, sehingga jangan sampai pengguna melupakan kata sandi untuk masuk akun tersebut. Terlebih jika ternyata bukan hanya kata sandi saja yang lupa melainkan juga alamat email. Jika hal ini terjadi, maka perlu melakukan beberapa metode sebagai berikut:

1. Menggunakan Aplikasi Find My iPhone

Untuk membuka iCloud karena lupa password dan email, maka bisa memanfaatkan aplikasi resmi dari Apple yaitu Find My iPhone. Namun, cara ini bisa dilakukan dengan menggunakan perangkat yang berbeda. Kemudian menginstal aplikasi ini pada perangkat tersebut.

Apabila sudah berhasil terpasang, masukkan Apple ID terlebih dahulu agar bisa melanjutkan ke proses berikutnya. Jika sudah berhasil, pilih forgot password agar memperoleh instruksi lebih detail. Ikuti tahapan sesuai yang tertera pada layar.

Aplikasi ini aman digunakan, sehingga pengguna tidak perlu merasa khawatir. Perlu dipahami, cara ini bisa dilakukan ketika terdapat akses ke perangkat Apple yang lain. Apabila tidak ada, maka bisa menggunakan cara berikutnya.

2. Menggunakan Situs iCloud

Cara membuka iCloud yang lupa password dan email yakni dengan mengunjungi situs iCloud. Situs ini bisa diakses melalui laptop, HP maupun perangkat yang lain. Untuk mengaksesnya, maka perlu mengikuti tahapan berikut:

  • Masukkan Apple ID dan pilih Forgot Password, maka akan muncul dua opsi. Yaitu apakah akan menjawab pertanyaan khusus atau reset password.
  • Untuk mempercepat proses, pilih menjawab pertanyaan. Kemudian jawab pertanyaan dan buat password baru untuk sign in.
  • Apabila tidak berhasil dalam menjawabnya, pilih opsi reset password. Maka iCloud akan memberikan petunjuk. Buka link yang diberikan dan buat password.

3. Membuka Melalui Situs iforgot

Apple memiliki website resmi yang membantu penggunanya ketika tidak bisa masuk ke akun iCloud. Layanan dari Apple ini dapat diakses melalui browser. Untuk menggunakannya, maka perlu mengikuti prosedur berikut ini:

  • Buka halaman iforgot Apple lewat browser.
  • Kemudian masukan Apple ID yang digunakan.
  • Selanjutnya, klik opsi reset your password dan ketuk continue.
  • Maka akan muncul beberapa opsi untuk reset password, pilih opsi yang dibutuhkan.
  • Kemudian pihak Apple akan memberikan instruksi untuk mengganti password.
  • Jika password sudah diubah, segera sign in kembali ke perangkat.

4. Memanfaatkan Menu Pengaturan

Berikutnya cara membuka iCloud yang lupa password dan email dari iPhone, iPad atau iPad touch. Melalui metode ini pengguna bisa mengaktifkan two-factor authentication agar keamanan data dan privasi tetap terjaga. Berikut ini tutorial agar bisa membuka iCloud kembali:

  • Masuk ke menu Pengaturan kemudian klik nama yang ada di bagian atas.
  • Pilih opsi Kata Sandi & Keamanan.
  • Ketuk opsi Ubah Kata Sandi. Maka pengguna akan dikirimkan passcode ke nomor yang terdaftar.
  • Masukkan kode tersebut kemudian ikuti tutorial untuk mengubah password.

5. Membuka iCloud pada Mac

Selain melalui iPad, iPhone dan iPod touch, membuka iCloud juga bisa dilakukan melalui Mac. Namun karena tata letak pengoperasiannya berbeda, maka pastikan mengetahui mac OS yang terpasang pada Mac. Untuk membuka iCloud melalui Mac, maka bisa mengikuti tutorial berikut ini:

  • Arahkan kursor di pojok kiri atas menu Apple, pilih Preferensi Sistem dan ketuk ID Apple.
  • Klik opsi Kata Sandi & Keamanan, kemudian masukkan ID Apple.
  • Apabila lupa ID Apple maka ketuk lupa sandi dan ikuti petunjuk yang ditampilkan.
  • Ketuk opsi Ubah Kata Sandi untuk mengatur ulang password.
  • Masukkan password baru dan gunakan untuk login.

Tips untuk Menghindari Lupa Akun iCloud

Sebenarnya, Apple telah melengkapi perangkatnya dengan sejumlah cara membuka iCloud yang lupa password dan email dengan mudah. Akan tetapi untuk mengatasi hal tersebut, pengguna harus melewati serangkaian proses. Cobalah ikuti beberapa tips untuk menghindari lupa password dan email berikut ini:

  • Manfaatkan fitur Notes yang sudah tersedia dalam perangkat, untuk mencatat kata sandi yang digunakan. Apabila tidak ingin catatan ini diketahui oleh orang lain, maka buka kata sandi agar orang lain tidak bisa membuka catatan tersebut.
  • Menggunakan kata sandi yang sama dengan perangkat lainnya, yang terdiri dari campuran angka juga huruf.

Demikianlah sejumlah cara membuka iCloud yang lupa password dan email terpraktis. Walaupun banyak metode yang dapat dilakukan dalam mengatasi lupa sandi iCloud, namun usahakan untuk menghindari lupa akun tersebut. Misalnya dengan mencatat password di HP atau yang lainnya.